x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Jalin Komunikasi yang Baik

oleh : Hanifa Nurfadilah

Terjadi berbagai kasus kekerasan rumah tangga ini dikarenakan, kurangnya jalinan komunikasi yang baik bahkan tidak adanya saling keterbukaan antara pasangan suami istri.  Hal-hal inilah yang bisa menjadi pemicu KDRT terjadi, diantaranya ada beberapa faktor, seperti : kurang tepatnya memilih pasangan hidup, dalam hal memilih calon pasangan hidup adalah akar yang paling penting maka harus selektif karena akan menyangkut dengan masa depan keluarga, bangsa bahkan negara, selain itu banyak juga yang dipicu karena keterhimpitan ekonomi, kurangnya ilmu pengetahuan dan kurangnya keharmonisan sebuah keluarga.

Setiap keluarga harus memiliki quality time, karena hal ini menjadi sangat penting untuk mewujudkan keharmonisan sebuah keluarga. Selain menjalin hubungan baik antara suami dan istri, kita juga butuh waktu untuk bercengkrama dengan anak-anak sehingga tidak akan terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga jika semua anggota keluarga saling menyayangi dan memiliki kesadarn yang penuh akan peranannya masing-masing.

Tentu di dalam sebuah keluarga, akan terdapat berbagai pemikiran dan pendapat yang berbeda-beda, namun hal ini jangan di jadikan sebagai permasalahan tapi justru harus dinikmati dan dijadikan sebagai bumbu kehidupan yang membuat warna-warna yang indah di dalam keluarga.

Jadikan rumah sebagai tempat ternyaman untuk pulang, khususnya sebagai seorang istri akan lebih baik jika menyambut suami dan merangkul anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Peranan Ilmu agama juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan keluarga yang harmonis karena mereka akan memahami betapa berharganya arti dari sebuah pernikahan yang merupakan perjanjian yang sangat kuat dan arti dari sebuah keutuhan keluarga.

Terjalinanya kenyamanan dan komunikasi yang baik ini akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang yang semakin mendalam di setiap anggota keluarga. Jika keharmonisan seperti ini sudah terjalin, tentulah kita dapat terhindar dari kekerasan dalam rumah tangga dan dengan mudah menciptakan keluarga yang bahagia. 

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project