x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Gunakan Pola Latihan Lari yang Tepat

oleh : Nur Fauziah Sugianingrum

Menurut saya dengan lomba lari marathon ada pengaruh positif bagi kesehatan kita, karena berolahraga menjadi pemicunya. Pasalnya, lari menjadi cara termudah, paling sederhana dan bisa dilakukan oleh kalangan siapapun dalam berolahraga.

Apabila yang pada akhirnya ingin menghasilkan tubuh yang sehat, maka perlu ada kiat dan persiapan dengan latihan rutin tersendiri dalam melakukan lari jarak jauh. Dengan menjalankan pola latihan yang tepat bukan hanya sehat, prestasi pun bisa didapat dari lari jarak jauh.

Ada beberapa pola latihan yang tepat dan didapat dari Gatot Subroto. Pertama, latihan rutin 30 menit hingga dua jam. Jika ingin mendapatkan hal yang maksimal lakukan latihan ini dengan rutin. Kedua, lihat kondisi. Program latihan lari juga bergantung pada kondisi tubuh kita, kebutuhan, dan kemampuannya. Ketiga, lari bukan jalan cepat. Lakukan latihan ini dengan berlari dan bukan jalan cepat karena apabila lari dicampur dengan jalan kaki menimbulkan resiko yaitu melemahkan kekuatan otot. Keempat, kecepatan stabil. Dengan kecepatan yang stabil agar kondisi tubuh tetap hangat, karena suhu tubuh  sangat mempengaruhi pada kecepatan lari. Kelima, latihan bersama instruktur. Lakukan latihan bersama instruktur dan jangan lakukan latihan yang terprogram dengan trainer.

Dengan menggunakan pola latihan yang tepat dan dilakukaan dengan rutin dalam berlari, anak muda bisa menerapkan pola latihan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal ketika perlombaan berlangsung
                                                                                                                                           
Nur Fauziah Sugianingrum KPI/3C

Mahasiswa UIN SGD Bandung                                                               

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project