x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Blangko Online Bisa Jadi Solusinya

Oleh: Siti Syarah Ulfa


Salah satu permasalahan pembuatan e-KTP adalah blangko yang tidak terbaca di mesin pencetak, sehingga tidak bisa merekam data dengan sempurna. Selain itu, pendistribusian blangko e-KTP yang belum memenuhi kebutuhan tiap daerah membuat pemerintah daerah yang kekurangan bagian, memperpanjang waktu pelayanan. 

Di zaman yang serba digital ini, seharusnya dapat kita manfaatkan untuk pembuatan e-KTP. Salah satunya dengan membuat blangko online. Selain praktis dan efisien, juga efektif untuk merekap data. Dengan syarat, setelah pengisian blangko, warga yang bersangkutan harus datang ke kantor untuk identifikasi keakuratan data.

Setelah diberitahu link-nya oleh pihak Kecamatan, warga yang bersangkutan segera mengisi formulir atau blangko yang disediakan secara online. Selain data pribadi, foto pun di upload ke link tersebut. Jadi, datang ke Kecamatan hanya untuk merekam sidik jari, mata, dan tanda tangan saja.

Selain yang dipaparkan tadi, keberanian membuat e-KTP mandiri itu penting!. Bukan hanya untuk meminimalisir terjadinya pungli oleh calo, juga dapat menambah pengalaman dan mendekatkan antara pemerintah daerah dengan warganya. 



Siti Syarah Ulfa, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  Jl. Cigondewah Rahayu Gg. Mahkelung RT 04 RW 06 Bandung, Hp.08814569989, email: sitisyarahulfa@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project