Berhenti Searching Budayakan Membaca Stop Plagiarisme

Oleh: Siti Syarah Ulfa

Tidak bisa dipungkiri, semakin berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya membaca buku kini semakin berkurang. Selain itu jarak yang jauh menuju ke Perpustakaan kadang membuat orang malas berjalan.

"Searching aja!" itulah ide pertama saat kita menemukan hal-hal yang kita ingin tahu. Praktis dan efisien. Internet kini seperti paranormal yang mampu menjawab berbagai pertanyaan yang kita ajukan.

Generasi instan. Itulah julukan bagi masyarakat modern sekarang ini. Bukan hanya ingin instan dalam hal mengolah makanan, tetapi juga dalam hal pekerjaan.

 "Berhenti berpikir dan berusaha" inilah penyakit yang kini hinggap di hati dan pikiran masyarakat modern ini, khususnya bagi para plagiator yang ingin instan dalam berkarya, tanpa berpikir panjang halitu dapat merusak martabatnya khususnya dibidang akademik. 

Kurangnya pemahaman tentang bagaimana seharusnya mengutip karya oranglain, seringkali menjadi penyebab orang tertuduh sebagai plagiator.Hal yang harus kita perhatikan agar kita terhindar dari plagiarisme ataupun tuduhan plagiarisme adalah,

Pertama, bila kita sebagai mahasiswa, jangan suka menunda-nunda tugas hingga kepepet hingga hariha yang membuat kita memilih yang instan instan saat deadline.

Kedua, Manajemen waktu itu perlu, misalnya dalam hal kedisiplinan membaca dan belajar, sehingga ilmu kita bertambah setiapharinya,dan terhindar dari menjiplak karya oranglain.

Ketiga, bila kita ingin mengutip karya oranglain, hendaklah dipaparkan kembali dengan bahasa kita sendiri dibodynote, membuat footnote, atau kita ketik terlebih dahulu daftar pustaka sumber-sumber yang menjadi bahan karya tulis kita.

Keempat, memberikan edukasi terkait plagiarisme.

Kelima, sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku atau ikut seminar agar wawasan keilmuan kita bertambah.

Keenam, sebelum menerbitkan ataupun deadline karya tulis kita, hendaklah kita cek terlebih dahulu apakah karya kita sama dengan oranglain? Dengan menggunakan aplikasi gtplagiarismTest untuk menguji tingkat kemiripan karya tulis kita dengan oranglain.



Siti Syarah Ulfa.Mahkelung, Cigondewah Rahayu, Bandung. Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.08814569989. sitisyarahulfa@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023