x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Belajar Bersama di Masjid Almanar

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Almanar , masjid dua tingkat yang berada ditengah  permukiman warga yang padat didaerah cibiru. Selain digunakan untuk melaksanan sholat berjamaah, masjid  ini juga dijadikan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) untuk anak-anak yang bermukim disekitaran  masjid. Sekitar 30 an anak  mulai dari usia 3 hingga belasan tahun mengikuti proses belajar.

Untuk tenaga pengajar dilakukan oleh mahasiswa UIN Bandung yang berada di Pondok Pesantren Al-faqih 2  juga bersedia meluangkan waktu untuk mengajar. Tidak terlalu sulit bagi mahasiswa UIN untuk meluangkan waktu mereka, selain karena sebagian besar dari mahasiswa berada dijurusan tarbiyah, kegiatan ini juga bisa dijadikan tempat belajar bagi mereka.

"Selain kuliah dijurusan tarbiyah, sebagian dari kita juga bercita-cita jadi guru, nah dengan adanya TPQ ini bisa jadi ladang pembelajaran untuk mewujudkan cita-cita  nantinya" ucap Siti Suaidah, mahasiswi UIN Bandung. Selasa (18/09/2018)

Tidak hanya kegiatan membaca Iqra' dan Al-Qur'an , anak-anak juga diajarkan berbagai macam ilmu agama Islam lainnya dan kegiatan lain seperti menghafal ayat Qu'ran dan juga menghafalakn shalawat kemudian dibacakan bersama-sama. 

"Kita juga mengajarkan ilmu agama lainnya, seperti bacaan sholat, wudhu, do'a sehari-hari, hafalan ayat pendek dan shalawat kemudian kita shalawatan bersama, terkadang juga kita beri selingan game agar anak-anak tidak merasa bosan" ujarnya.

Mahasiswa UIN sekaligus santri Pondok Pesantren Alfaqih 2 yang diberi kepercayaan untuk mengajar di TPA tidak merasa terganggu dengan kegiatan mengajar ini. Mereka mengaku senang dan bersemangat dengan adanya kegiatan ini, selain melatih mental juga mempersiapkan diri untuk kedepannya.

"Kita tidak merasa terganggu, malah kita senang mengajar disini dan tidak merasa repot juga karena kita sudah menjadikan ini kegiatan wajib setiap harinya dan ini juga untuk kebaikan diri kita sendiri juga" ujarnya lagi.

Mulai dari tahun ajaran 2018 ini juga, tenaga pengajar dari Pondok Pesantren Alfaqih 2  semakin banyak. Itu membuat para pengajar sebelumnya semakin bersemangat untuk mengajarkan berbagai macam ilmu agama Islam lainnya juga membuat metode atau sistem belajar yang semakin baik lagi. Mengingat semakin banyak juga anak-anak yang ikut mengaji di masjid Almanar.

"Dan kita juga bakal ngadain pembaharuan sistem belajar, mulai dari pembagian kelas sesuai dengan umur juga akan membuat jadwal untuk pelajaran lainnya selain membaca Iqra' dan Qur'an juga jadwal untuk para pengajar". Ucapnya lagi.

Selain berharap kegiatan ini bermanfaat untuk semua orang, para pengajar juga berharap semoga TPQ ini bisa semakin maju dari segi sarana dan prasarana . Dan mereka juga berharap agar anak-anak selalu bersemangat untuk mengaji.

"Iya, semoga nanti akan bermanfaat untuk kita semuanya mulai dari yang mengajar dan yang diajar, juga semoga kedepannya bisa terstruktur lagi sistem belajar dan semakin maju dari segi sarana dan prasaran juga semangat anak-anak menimba ilmu tidak pernah surut." Tutupnya.    

Reporter : Khairunissa, KPI/3B

Bagikan

1 komentar :

  1. Mungkin di dalam judulnya harus diberi subjek agar lebih jelas siapa yang belajar bersamanya

    BalasHapus

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project