x
BREAKING NEWS

Sabtu, 30 Desember 2017

Ustadz Nafis : Al-Fatihah Miliki Banyak Keutamaan


Dakwahpos.com, Bandung- Beberapa keutamaan dari surah Al-Fatihah yaitu diantaranya bahwa surah Al-Fatihah adalah surah yang paling agung dari surah yang lainnya, menjadi penutup do'a, pembuka ayat suci Al-Qur'an dan pembuka sholat, walaupun awalnya takbir dalam sholat tapi Surah Al-Fatihahnyalah yang paling utam adalam sholat. Karena itulah Al-Fatihah teramat penting dalam setiap ibadah kita.

"Suatu hari, seorang sahabat sedang sholat sunnah, lalu rasul mengatakan "wahai sahabat, maukah kutunjukna surat terbaik", sahabat diam dan melanjutkan sholatnya dengan lebih cepat, rasul memprotes " kenapa tidak datang c  epat", maaf tadi aku sedang sholat sunnah ya rosulullah, lalu rosulullah menjawab bahwa surah yang paling agung dan terbaik adalah surah Al-Fatihah". Ujar Nafis,ustadz Al-Hasan II, minggu (5/11/2017).

Didalam cerita diatas juga mengisyaratkan bahwa selagi orang tua kita memanggil saat kita tengah sholat, apalagi sholat sunnah maka hendaknya kita harus mendahulukan panggilan orang tua kita. Karen begitulah ajaran dari rosulullah SAW. Tambahnya lagi.


Nama lain dari Al-Fatihah adalah Umul Quran atau induk ibu Al-Qur'an, isi dari Alfatihah sendiri yaitu tentang banyak hal. Ayat 1-5 surah ini menjelaskan tentang akidah, amaliyah, etika, syariat, sejarah dan kedudukan dzat Allah.

Dalam surah Al-Fatihah juga dijelaskan tafsiran yang sangat luar biasa arti kandungannya, terutama pada ayat 1-5 yang menceritakan tentang akidah.  Pada ayat pertama dan kedua surahnya, ayat ini sangat mengartikan sambungan atau ikatan diri kita kepada Allah yang maha Esa, beristi'ad atau mengakidahkan diri kita kepada Allah. Kata Allah sendiri adalah nama yang sangat agung dan imam syafi'i menagatakan bahwa tidak ada kata asal untuk nama Allah.

Dalam ayat ketiga dan selanjutnya, Allah menjelaskan tentang pengasih dan penyayang dari sifatnya kepada ciptaanya, ialah pemilik alam semesta, pemilik hari akhir, tempat meminta, karena itulah ayat ini menjadi salah satu dari perinsip islam.

"Allah sangat menyayangi setiap hamba-hambanya dan rindu akan keshalihan hambanya saat bertemu dengan-Nya nanti, tapi terkadang, hambanya lah yang takut untuk terlalu cepat bertemu dengan sng penciptanya. Dalam hadist qudsi menerangkan, barangsiapa yang takut berjumpa dengan ku, maka aku akan meninggalkannya, dan barang siapa yang rindu bertemu dengan ku maka aku juga akan rindu bertemu dengannya". Ujar Neafis menambahkan.

Saat ini, banyak sekali orang-orang yang salah menjadikan nafsu, uang dan kedudukan sebagai tuhannya.  Dengan sadar atau tidak itu adalah perbuatan yang sama sekali tidak pantas dan buruk. Allah yang menjadikan kedudukan, nafsu dan uang sebagai keberkahan atas diri manusia yang berusaha didunia. Karena allah lebih menyukai siapa yang berusaha dengan atas nama-Nya atau bekerja sebagai bentuk ibadah kepada-Nya.

Reporter : Malikhatul Farida KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio