x
BREAKING NEWS

Sabtu, 30 Desember 2017

Ustadz Maqbul : Yakinlah Terhadap Takdir Allah SWT


Dakwahpos.com- Bandung, Ustadz Maqbul memberikan khutbahnya bahwa sebagai orang yang beriman harus meyakini akan kemahakuasaan Allah Swt dan takdir yang diberikan kepada kita. Maka kita meyakini bahwa tidak ada suatu apapun yang terjadi kecuali atas kehendak Allah Swt. Tidak ada seorang pun yang memberikan manfaat kecuali takdir Allah Swt. Sebaliknya, tidak ada orang yang dapat memberikan madarat kecuali hanya kepada Allah Swt.

Sebagai manusia tidak ada yang mampu mendatangkan manfaat dan menghindari madarat, bahkan seorang Rasul pun sebagai manusia pilihan Allah tidak mampu untuk melakukan itu.

Ust Maqbul menuruturkan, dulu pada zaman jahiliyah ada satu keyakinan bahwa nasib buruk terjadi oleh sesuatu hal tanpa menyandarkan kepada Allah Swt. Sebagai gambaran, ketika orang jahiliyah sebelum melakukan aktivitas dagang, mereka biasa menggantungkan nasibnya kepada burung, sehingga mereka sebelum berangkat menerbangkan burung terlebih dahulu, apabila burung itu terbang ke sebelah kanan, mereka percaya akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, apabila burung itu terbang ke sebelah kiri, maka mereka percaya bahwa akan mendapatkan kesialan. Maka mereka tidak jadi berangkat untuk melaksanakan aktivitas dagangnya.

Oleh karena itu, kita harus mampu mengikis kepercayaan-kepercayaan maupun keyakinan-keyakinan yang bisa mendatangkan manfaat dan menghindarkan madarat selain Allah Swt.  Keyakinan itu ingin dikikis oleh Rasulullah Saw karena seolah-olah kebaikan dan keburukan itu terjadi oleh sesuatu hal atau yang menyebabkan adanya nasib baik dan buruk itu tergantung terhadap burung.

Ustadz Maqbul menutup khutbahnya dengan mengatakan, menghubung-hubungkan kebaikan dan keburukan terhadap sesuatu selain Allah adalah termasuk syirik. Maka sebagai jaminannya apabila kita mampu memelihara keimanan kita dari perbuatan-perbuatan musyrik sekecil apapun, maka jaminannya Allah Swt akan memberikan surga kepada kita.

Reporter : Fahmi Mujahid Abdul Aziz, KPI 3 B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio