x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Ustadz Irfan : Ilmu Wajib Kita Kaji Selaku Umat Islam



Dakwahpos.com, Bandung- Dalam pengajian di Masjid Al-Hasan III Ustadz Irfan memberikan ceramahnya dengan tema "kajian ilmu islam". (28/10/2017).

Selaku umat islam ada 10 ilmu kajian yang wajib kita pelajari, dari 10 ilmu kajian tersebut terbagi menjadi  dua bagian yaitu 5 bagian yang wajib kifayah dan yang 5 lagi wajib a'in, wajib kifayah adalah jika kita berada dalam suatu lingkungan jika tidak ada yang mengkaji ilmu itu satu lingkungan itu akan mendapat dosa dan wajib a'in adalah wajib untuk diri kita, jika kita tidak mengkaji ilmu itu maka hukumnya dosa bagi setiap muslim.

10 ilmu yang wajib dalam ilmu agama yang wajib diketahui.

Pertama, yang harus kita pahami adalah ilmu fiqih, jika tidak ada yang mengkaji ilmu fiqih satu orang pun maka orang itu termasuk orang-orang yang mendzolimi diri mereka sendiri dan hukumnya dosa. Rasulullah SAW bersabda menuntut ilmu itu wajib bagi muslimin dan muslimat dari buaian sampai liang lahat, itu yang dinamakan ilmu fiqih.

Kedua, ilmu tasawuf. Ilmu tasawuf adalah ilmu untuk mengenal diri kita, tata cara perkataan yang baik, bagaimana menggunkan tangan kita supaya bermanfaat hal-hal seperti itu dikaji oleh ilmu tasawuf.

Ketiga, ilmu tauhid. Ilmu tauhid adalah ilmu yang memperlajari cara berpikir kita terhadap manusia dan terhadap Allah, kita tidak boleh berpikiran jika Allah itu memiliki tangan dan lain sebagainya hukumnya dosa tetapi wajib bagi kita berpikiran demikian terhadap makhluk ciptaan Allah.

Keempat, ilmu tafsir. Bagaimna kita mentafsirkan Al-Qur'an. Kelima ilmu hadits, membahas tentang hadits.

Keenam, ilmu nahwu ini termasuk wajib kifayah tidak apa apa jika tidak semua muslim mengkaji ilmu nawhu tapi jika dalam suatu lingkungan tidak ada yang mengakji ilmu nawhu semuanya berdosa tapi jika ada salah satu saja dalam lingkungan itu yang mengkaji ilmu nawhu dosa kita akan terampuni.

Ketujuh ilmu sorof sama hal nya dengan ilmu nahwu bedanya ilmu nawhu membahas tentang bentuk-bentuk kalimat arab sedangkan ilmu sorof mengkaji tentang arab gundul.

Kedelapan, ilmu ma'ani. Kesembilan, ilmu bayan. Kesepuluh, ilmu bade.

Reporter : Mega Tri Cayani KPI 3/C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project