x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Pencegahan dan Penanggulangan Perilaku Buang Sampah Sembarang


Oleh: Neng Sriyanti Jamilah

Sampah adalah salah satu permasalahan terbesar yang ada di negara kita ini. Sampah bertebaran dimana-mana, mulai di jalan, sungai, taman, bahkan di dalam rumah pun kita sering mendapati sampah yang berserakan. Sampah ini biasanya berasal dari pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik. 

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarang sepertinya memang sulit untuk dihilangkan, apalagi perilaku tersebut merupakan perilaku yang turun menurun(Berikan penjelasan). Perilaku tersebut memang benar-benar menjengkelkan (berikan argumen) dan akan menimbulkan banjir ketika musim hujan tiba.(berikan penjelasan)

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengurangi perilaku membuang sampah sembarangan tersebut. Namun, kurangnya kesadaran diri dari masyarakat Indonesialah yang membuat perilaku buruk tersebut seakan akan mendarah daging.

Menurut penulis, ada beberapa cara untuk menghilangkan perilaku buang sampah sembarang, atau setidaknya mengurangi perilaku tersebut.

Pertama, jika bepergian yang akan membawa makanan atau minuman, pakailah tempat yang bisa dipakai lagi kembali. Misalnya, pakai tempat makan dan botol minum, jangan memakai pelastik untuk membungkus makanan atau minuman tersebut. Namun, jika terpaksa  memakai pelastik, kumpulkan sampah dan jangan dibuang begitu saja. 

Kedua, sediakan tempat sampah di dalam kendaraan pribadi agar lebih mudah membuang sampah jika kita sedang berada di perjalanan. Tidak menutup kemungkinan, masih banyak orang-orang yang membuang sampah sembarangan di jalanan, dan itu akan membuat jalanan menjadi kotor.

Ketiga, tempat sampah dijadikan sarana untuk berkreasi. Maksudnya, tempat sampah dijadikan semenarik mungkin agar sejak dini, anak-anak mulai dibiasakan buang sampah pada tempatnya. Jika dibiasakan, maka akan hilang perilaku buruk buang sampah sembarangan.

Keempat, jika ada suatu tempat yang selalu dijadikan "tempat pengumpulan sampah". buatlah slogan-slogan "menarik" yang di tempel atau di pasang di tempat itu yang ditukkan kepada para pembuang sampah sembarang. Misalnya, "Yang Buang Sampah di Sini Gila", "Yang Buang Sampah di Sini Jomblo Seumur Hidup", dan lain sebagainya. Ini bertujuan untuk mengancam dan agar para pelaku tersebut tidak membuang di tempat tersebut lagi. Namun tetaplah ingat, kata-katanya jangan terlalu ekstrim.

Terakhir, jika sudah terjadi pembuangan sampah sembarang, dan sampah ada dimana-mana, ada banyak cara untuk menanggulanginya dengan melakukan empat R. Pertama, replace (mengganti), yaitu mengganti barang-barang yang tidak tahan lama dan bisa menghasilkan sedikit sampah. Kedua, reuse (memakai kembali), yaitu memanfaatkan kembali barang-barang yang telah terpakai. Ketiga, reduce (mengurangi), yaitu dengan mengurangi pemakaian barang agar sampah yang dihasilkan akan berkurang juga. Keempat, recycle (mendaur ulang), yaitu mengolah sampah menadi barang baru yang bermanfaat.

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project