x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Gaya Baru Tempat Sampah dan Buang Sampah


Sampah menjadi salah satu problematika di indonesia. sering kita temui peringatan bertuliskan "dilarang membuang sampah sembarangan" namun, masih saja ada oknum yang acuh tak acuh. 

Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan khususnya membuang sampah sembarangan dirasa kurang efektif jika hanya mengandalkan tulisan, kita tahu Indonesia adalah negara dengan tingkat literasi yang rendah. Sebagai alternatif lain agar masyarakat peka untuk menjaga kebersihan adalah pemerintah dapat membuat tempat sampah menjadi benda yang menarik dan unik, tidak hanya sebuah tong berisi kan plastik hitam. Alternatif lain adalah dengan memberikan mereka hadiah karena sudah membuang sampah pada tempatnya. Seperti sistem barter, pemerintah dan rakyat Indonesi dapat berinovasi membuat tempat sampah yang ketika kita membuang sampah, akan muncul minuman atau makanan ringan sesuai banyak atau jenis sampah yag dibuang, mungkin juga bisa uang sebagai upah bahwa kita telah menjaga lingkungan dengan baik.

Membuang sampah tidak hanya dilakukan oleh pejalan kaki, justru yang saya ketahui dari pengalaman pribadi adalah, lebih banyak pengendara mobil atau motor yang membuang sampah sembarangan dijalan raya, karena mereka tidak nyaman dengan sampah yang menumpuk dikendaraan mereka, dibuanglah sampahtidak pada tempatnya. Untuk kasus seperti tadi, inovasi baru dapat diwujudkan seperti drive thru garbage untuk memudahkan pengendara membuang sampah, mereka tidak perlu repot lagi turun kendaraan untuk membuang sampah. Sistem ini seperti pemesanan makanan cepat saji yang merajalela di Indonesia.

Tempat Sampah ini juga baiknya disediakan disetiap penjuru kota, disetiap taman bermain, bahkan disetiap tempat perbelanjaan. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk membuang sampah, tidak perlu lagi bagi mereka yang ingin menjaga kebersihan llingkungan, justru menyimpan sampahnya didalam kantong baju, celan atau tas.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio