x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Edukasi Budaya Disiplin Kebersihan Sejak Dini


Oleh : Luki Muzaki. A

Kasus buang sampah sembarangan yang berujung baku hantam antara seorang pengendara mobil dengan seorang TNI ini menjadi viral di media sosial. Sikap yang tak terpuji yang dilakukan oleh pengendara mobil yang diketahui namanya Bimantoro itu membuang sampah sembarangan  ke jalan raya, yang ketika itu tepat mengenai istri dari TNI yang sedang dibonceng mengendarai sepeda motor. Ini salah satu dampak dari perbuatan buruk membuang sampah sembarangan,yang sudah dianggap masyarakat sebagai hal yang sepele. Karena ketika mempunyai kebiasaan baik selalu menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan hal yang seperti ini tentunya tidak terjadi.

Maka dari bagian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan menelusuri pelaku buang sampah sembarangan tersebut untuk dikenai sanksi denda sesuai Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tetang Pengelolaan Sampah. Denda sebesar Rp. 100.000 – Rp.500.000. Peristiwa yang terjadi menjadi pembelajaran bagi semua pihak, untuk selalu mengenalkan dan memberikan edukasi perihal kebersihan, menjaga lingkungan, melestarikan alam yang sehat dan bersih dimulai dari hal-hal yang kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dampak yang diberikan dari kebiasaan buruk ini banyak sekali, bukan hanya saja mencemari lingkungan sekitar tetapi dampak besar yang terjadi seperti banjir dapat terjadi sewaktu-waktu ketika kebiasaan buruk buang sampah  menjadi budaya atau kebiasaan masyarakat. Maka edukasi dan penerapan kebiasaan disiplin kebersihan menjadi hal yang penting.

Pandangan  dalam menganggap hal remeh buang sampah sembarangan di kebanyakan masyarakat,menjadi tugas bersama memberikan mind seat yang lebih baik  untuk peduli terhadap lingkungan. Masih menjadi permasalahan yang klasik untuk tidak membuang sampah sembarangan. Perlu kesadaran dari diri masyarakat dan semua pihak untuk bersinergi menjaga lingkungan.

Pembentukan kebiasaan peduli terhadap lingkungan yang ditanamkan sejak dini merupakan sala satu cara yang efektif untuk mewujudkan masyarakat yang mempunyai budaya disiplin terhadap kebersihan lingkungan. Peran orang tua menjadi penting karena lingkungan terdekatlah yang dapat memberikan sebagai contoh dan role model tentang memberikan edukasi menjaga lingkungan terhadap anak sejak dini dan pihak sekolah juga dapat memberikan pengetahuan tentang dampak menjaga dan melestarikan lingkungan.

Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio