x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

DKM Al-Hidayah Punya Cara Unik Untuk Kembalikan Citra Masjid




Dakwahpos.com, Bandung- Masjid tidak hanya menjadi tempat peribadatan, akan tetapi juga sebagai salah satu pusat kegiatan bagi seluruh umat islam. Seperti halnya, tabligh, kajian, perlombaan, pusat informasi, Konsultasi, Sillaturahim, dan yang lain sebagainya.

Demikian juga masalah perawatannya, tentu akan membutuhkan pengurus untuk membereskan segala problematika masjid seperti, kebersihan, keuangan, fasilitas, bahkan sampai citra masjid. Mereka biasa disebut DKM (Dewan Kemakmuran Masjid).

Masjid bukan hanya sekedar bangunan biasa, harus ada etika jika mau menggunakannya, karena ada sisi interpretasi didalamnya. Namun bagaimana jika masjid tersebut jarang ada yang mengurus bahkan sampai sepi jamaah sehingga masjid tersebut terasa hampa tak produktif ?.

Pengurus masjid Al-Hidayah ini punya cara unik tersendiri untuk memikat para jamaah untuk turut meramaikan masjid, dengan memasang pamflet yang berjudul "LOWONGAN PEKERJAAN, Ma'mum Sholat Berjamaah 5 Waktu". Tidak hanya unik tapi juga mencuci otak masyarakat dalam pandangan bahwa masjid itu hanya untuk ajang kegiatan menggugurkan kewajiban saja, padahal jika di pikir kembali bisa lebih dari itu.

"semenjak ditempempelkannya pamflet ini, masjid jadi mulai agak banyak, bahkan anak-anak remaja juga jadi sering ke masjid" ujar pengurus masjid dari Sarjana Sains UIN Bandung. Senin (10/09/17).
Inisiatif ini menuai banyak pujian dari kalangan masyarakat yang ada di kawasan kompleks tersebut.

Dengan memberikan gambaran secara sistematis daripada manfaat danfaedah sholat, masyarakat jadi lebih cepat menangkap apa maksud dan tujuan dari pamflet tersebut. Dan ide ini mungkin bisa menjadi sumber inspirasi bagi pengurus ta'mir masjid yang lain untuk terus memakmurkan masjid yang lebih baik.


Reporter : Wahid Muhammad, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio