x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Buanglah Sampah Pada Tempatnya


 Oleh : Fahmi Mujahid Abdul Aziz

Membuang sampah sembarangan sudah menjadi penyakit menular bagi masyarakat. Pasalnya, banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah diberbagai tempat termasuk di sisi-sisi jalan raya. Tentunya hal ini akan menjadi bumerang bagi masyarakat jika perilaku membuang sampah sembarangan terus dilakukan apalagi menjadi kebiasaan karena dapat menyebabkan berbagai macam faktor akibat dari perilaku tersebut, seperti banjir, manpetnya saluran air selokan, pencemaran air sungai dan lain-lain.

Dengan kenyataan ini mengharuskan masyarakat sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan agar tidak tercemar oleh sampah-sampah yang dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi masyarakat itu sendiri.

Jika kita tengok ke negeri tetangga seperti Jepang, Korea, Singapura, dan lain-lain yang terlihat indah dan bersih lingkungannya. Apa yang menyebabkan lingkungan di negeri mereka begitu bersih dan enak dipandang? Ternyata mereka memiliki kebiasaan yang baik dalam membuang sampah sesuai arahan dari pemerintahnya agar teratur membuang sampah sehingga bisa dipilah-pilih mana sampah organik dan non-organik. Sehingga, adanya sinergitas antara pemerintah termasuk petugas kebersihan dengan masyarakat dalam menangani permasalahan pembuangan sampah secara teratur.

Jika di Indonesia ini antara pemerintah, petugas kebersihan dan masyarakat bersinergi dalam mengatasi permasalahan sampah ini niscaya tidak akan ada lagi masalah banjir dan dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh pembuangan sampah sembarangan.

Pada awal Bulan April 2017 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melalui Tim Buru Sergap (Buser) sampahnya telah menangkap 59 pelaku pembuang sampah sembarangan di sejumlah wilayah Kota Depok. Mereka dijerat tindak pidana ringan dan diajukan ke sidang pengadilan dan dikenai sanksi denda mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Depok ini merupakan langkah untuk memberikan stimulus kepada masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi terrhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Pemerintah harus terus memberikan pengarahan kepada masyarakat agar terbiasa memiliki budaya cinta akan lingkungan yang bersih dan membuang sampah pada tempatnya.
 
Mahasiswa UIN Bandung KPI 3 B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project