x
BREAKING NEWS

Senin, 27 November 2017

Berantas Penyebaran Berita Hoax

Oleh: Fitri Yani

Penyebaran berita hoax kian hari kian tak terbendung. Akibat dari kurangnya pengetahuan dan sumber dari berita tersebutlah yang menyebabkan berita hoax kian mudah tersebar. Ketika kumunculan suatu berita hendaklah kita periksa kebenarannya, siapa yang menyebarkan berita, sumber yang jelas dan apa kepentingan berita tersebut. Banyaknya godaan yang menghantui seorang jutnalis seperti merauk keuntungan dengan banyak yang menimbulkan berita hoax itu terjadi. Tak hanya itu, berita hoax bisa saja menyebar dengan mudah. Dengan dikemas menggunakan  bahasa yang menarik serta topik membahasan yang sedang "booming".

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mrngetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu".

Kutipan arti dari (Q.S-Al-Hujurat:6) menjadi penjelas dan penguat bahwa akan banyaknya kerugian yang didapat dari penyebaran berita hoax. Seoarang masyarakt yang baik hendaknya bisa mengolah kembali berita yang telah didapat, dengan tidak langsung percaya dengan keberadaan suatu berita.

Namun, kebanyakan orang yang menyebar berita hoax bukanlah dari kalangan jurnalis, melainkan dari orang yang kurang pengetahuan dan tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang menjadi momok bagi penikmat berita. Ditambah dengan kecanggihan pengakses berita yang memudahkan sesorang untuk mendapatkan  berita. Kembali, hal yang harus diperhatikan ketika mendapat suatu berita yaitu dengan mengolah kembali kebenaran berita tersebut, bisa dengan cara melihat sumber berita, bandingkan dengan berita dimedia yang lain, apa kepentingan berita tersebut untuk kita, seta tidak dengan mudah meng-copy paste berita tersebut.

Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio