x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Resensi Buku: Pentingnya Komunikasi dalam Proses Peningkatan Mutu Pendidikan


Judul               : KOMUNIKASI PENDIDIKAN
Penulis             : Dr. YOSAL IRIANTARA & USEP SYARIPUDIN, M. Ed.
Penerbit            : Simbiosa Rekatama Media
Tebal Buku        : 200 Halaman
Tahun Terbit       : 2013
 Cetakan            : Cetakan Pertama, Maret 2013
Jumlah Bab          : 9 Bab
ISBN                : 978-602-7973-00-8
Harga               : Rp. 40800

Buku yang berjudul Komunikasi Pendidikan ini ditulis oleh dua orang penulis yang merupakan dosen di salah satu Universitas Islam di Bandung, yaitu :

Yosal Iriantara adalah dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung. Pernah bekerja sebagai wartawan dan sebagai konsultan di beberapa kemeterian. Pendidikan S-1 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung. S-2 di Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung dan S3 di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Usep Syaripudin adalah dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara dan Program Pendidikan Bahas Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon. Sarjana Pendidikan (S. Pd) bidang Bhs. Inggris diraih dari FKIP Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, Master Ilmu Pendidikan (M. Ed) dari University of Arkansas, Fayettterville, USA, pada bidang Educational Leadership.

Buku ini memadukan konsep yang dikembangkan dalam ilmu komunikasi dan ilmu pendidikan. Mulai dari pengantar komunikasi pendidikan dan pertanyaan serta macam-macam komunikasi dengan penjelasan yang sifatnya mendasar. Didalam buku ini dipaparkan secara mendalam berbagai teori komunikasi serta pengembangan komunikasi yang luas. Etika dalam berkomunikasi serta komunikasi dalam lingkungan dan organisasi pendidikan turut mewarnai kelengkapan buku ini. Tidak hanya menyangkut dunia pendidikan saja namun juga melibatkan lembaga pendidikan yang bersifat internal maupun eksternal seperti keluarga, masyarakat dan pemerintah. Selanjutnya dijelaskan mengenai bagaimana pesan itu  bisa tersampaikan melalui media berbasis virtual. Namun Dalam penataan isi materi buku ini kurang terstruktur dan masih ada penggunaan bahasa yang sulit dipahami. Tetapi buku ini cocok bagi mereka yang ingin belajar komunikasi pendidikan karena untuk memperbaiki mutu komunikasi dan relasi lembaga pendidikan Stakeholder.

Komunikasi adalah "manusia tidak dapat tidak berkomunikasi". Selama manusia hidup, ia pasti berkomunikasi. Karena manusia tidak dapat tidak berkomunikasi, maka ketiadaan komunikasi atau tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain bisa merupakan bentuk ketidak nyamanan atau siksaan. Komunikasi adalah proses penyampain pesan dari penyampai pesan (komunikator) kepada komunikan (penerima pesan) dengan tujuan tertentu. Manusia berkomunikasi karena manusia tidak bisa hidup sendiri dan komunikasi berlangsung untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau perasaan. Dalam proses pembelajaran (pendidikan) pasti terjadi interaksi (komunikasi). Komunikasi pendidikan merupakan proses komunikasi yang unik karena di dalamnya ada dimensi edukatif dan menyampaikan pesan yang berupa materi pembelajaran. Komunikasi pendidikan bukan sekedar komunikasi yang berlangsung dengan latar pembelajaran atau pendidikan, melainkan juga proses komunikasi yang di dalamnya terkandung nilai-nilai pendidikan. Tujuan pendidikan bukanlah sekedar melahirkan orang yang memiliki pengetahuan melainkan orang yang mengamalkan pengetahuan yang benar. Tujuan pendidikan adalah untuk membuat manusia menjadi mulia sehingga proses interaksi edukasi melalui komunikasi pun tentu merupakan komunikasi yang saling memuliakan untuk membangun kemuliaan manusia. Melalui pendidikan mulai diajarkan dari cara berperilaku sampai dengan pengetahun umum karena inti pendidikan adalah belajar. Komunikasi dilakukan manusia bukan hanya untuk menyampaikan atau saling bertukar pesan atau informasi, melainkan ada tujuan untuk membangun dan memelihara relasi. Membangun relasi yang baik antara pendidik dengan yang dididik berdampak pada komunikasi pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Membelajarkan berarti membangun komunikasi yang efektif. Komunikasi efektif memainkan peran penting dalam keberhasilan pembelajaran pada semua jenjang pendidikan. Strategi komunikasi pendidikan diantarannya : sebagai penceramah, sebagai moderator, sebagai pembimbing, sebagai mnjer. Sebagai kordinator dan inovator.

Dalam buku ini dijelaskan secara rinci materi yang disajikan dan bahasa yang digunakan logis dan jelas sehingga pembaca dapat memahami setiap babnya walaupun masih ada beberapa kata yang sulit dipahami. Penerapan contoh atau pengaplikasinya terutama dalam dunia pendidikan dengan memberikan berbagai problem-problem yang sifatnya analistis dan visual yang dapat menjadi sumber pengetahuan baru. Desain cover buku Komunikasi Pendidikan ini terlihat sederhana sehingga kurang memikat daya tarik seseorang untuk membacanya. Dalam penataan isi materi buku ini kurang terstruktur sehingga pembaca mudah bosan dalam membacanya.

Rasanya buku ini wajib dibaca dan layak dijadikan rujukan untuk mereka yang ingin bergelut di dunia komunikasi khususnya lembaga pendidik, para pendidik dan peminat pendidikan dan komunikasi umum dalam berkomunikasi dengan lingkungan agar pesan komunikasinya tersampaikan. Karena buku ini memaparkan dengan jelas bagaimana cara berkomunikasi dalam dunia pendidikan dengan baik. Serta buku ini sangat cocok sebagai referensi bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang tertarik pada dunia pendidikan dan mahasiswa ilmu pendidikan yang tertarik untuk mendalami dunia komunikasi sendiri. 


Peresensi: Fitrah Magdalena/KPI-3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project