x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Resensi Buku: Media Sosial


Identitas Buku
 •    Judul Buku         : Media Sosial
•    Penulis              : Dr. Rulli Nasrullah, M.Si.
•    Penerbit             : Simbiosa Rekatama Media
•    Cetakan             : Kedua
•    Jumlah Halaman : 230
•    Harga                 : Rp. 50.000,-
•    Tahun Terbit        : 2016

Akses terhadap media telah menjadi salah satu kebutuhan primer dari setiap orang. Itu dikarenakan adanya kebutuhan akan informasi, hiburan, pendidikan, dan akses pengetahuan dari belahan bumi yang berbeda. Kemajuan teknologi dan informasi serta semakin canggihnya perangkat-perangkat yang diproduksi oleh industri seperti menghadirkan "dunia dalam genggaman".

Tak mengherankan, kehadiran media sosial menjadi fenomenal. Facebook, Twitter, YouTube, hingga Path adalah beberapa jenis dari media sosial yang diminati oleh banyak khalayak. Bahkan, ada sebuah fakta bahwa pengguna sebuah media sosial jauh lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk sebuah Negara. Media sosial tersebut tidak hanya digunakan untuk mendistribusikan informasi yang bisa dikreasikan oleh pemilik akun (users) itu sendiri, tetapi juga memiliki dasar sebagai portal untuk membuat jaringan pertemanan secara virtual dan medium untuk berbagi data, seperti audio atau video.

Media sosial merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisas, media juga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek, seperti jurnalisme, public relations, dan pemasaran.

Lembaga We Are Social memublikasikan hasil penelitian terhadap perilaku internet, akses terhadap internet hingga akun media sosial dari seluruh dunia. Hasil penelitian yang dipublikasikan di http://wearesocial.sg tersebut mencangkup berbagai Negara dari benua yang berbeda. Untuk Indonesia, data riset menunjukkan bahwa ada sekitar 15 persen penetrasi internet atau 38 juta lebih pengguna internet. Juga, dari jumlah total penduduk, ada sekitar 62 juta orang yang terdaftar serta memiliki akun media sosial Facebook.

Data riset tersebut juga menunjukkan bahwa rata-rata pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu hampir 3 jam untuk terkoneksi dan berselancar di media sosial. Sebagian besar dari pengguna tersebut mengakses media sosial melalui perangkat telepon genggam.

Karakter dasar dari media sosial adalah terbentuknya jaringan antarpengguna. Jaringan ini tidak sekadar memperluas hubungan pertemanan atau pengikut (follower) di internet semata, tetapi juga harus dibangun dengan interaksi antarpengguna tersebut. Secara sederhana interaksi yang terjadi di media sosial minimal berbentuk saling mengomentari atau memberikan tanda, seperti tanda jempol 'like' di Facebook. Sebuah video yang diunggah di laman YouTube bisa jadi mendapatkan banyak komentar bukan dari pengguna yang sengaja mengunjungi lama YouTube, melainkan melalui platform lainnya. Bisa jadi informasi video dibagi (share) melalui media sosial lain, disitus pribadi, di broadcast melalui aplikasi pesan, seperti Blackberry Messenger.

Dalam buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca karena penulis menggunakan bahasa yang komunikatif. Buku ini juga memiliki keunggulan yang mampu memberikan informasi tentang media sosial yang saat sedang merajai media informasi. Di dalam buku ini terdapat gambar-gambar contoh media sosial yang sedang trend digunakan saat ini. Dan terdapat kata kunci yang membuat pembaca semakin paham dengan apa yang ingin penulis sampaikan kepada pembaca. Selain itu, kita juga dapat lebih cerdas saat menggunakan media sosial. Bukan hanya untuk hiburan semata, tetapi media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi serta sumber pendapatan. Dan buku ini juga adalah buku teori media sosial pertama di Indonesia. Dan buku ini juga memiliki kelemahan, karena bahasa yang digunakan kebanyakan bahasa ilmiah. Mungkin untuk dibaca oleh orang awam tidak akan cocok. Menurut saya buku seperti ini cocok dibaca oleh orang-orang yang bergelut dibidang komunikasi. Contohnya seperti mahasiswa komunikasi atau jurnalistik. Dan menurut saya harga bukunya kurang bersahabat dengan kantong mahasiswa, karena mungkin buku ini akan lebih dicari oleh para mahasiswa.

Kesimpulannya, buku ini sangat layak dibaca, bagi anda yang memang sangat ingin tahu dengan perkembangan media sosial saat ini. Media sosial merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi, media sosial juga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek, seperti jurnalisme, public relations, dan pemasaran. Dan berisi tentang teori-teori media sosial, jenis-jenis media sosial, hukum dan etika di media sosial. Di lengkapi dengan beberapa data dan contonh sehingga dapat dijadikan rujukan bagi para akademis, praktisi, dan mereka yang tertarik pada kajian dibidang ilmu komunikasi, pemasaran, public relations, jurnalisme, sosial, budaya, maupun politik.

Nama : Hanifah Fajriani KPI 3-B (1154020058)


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio