x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Renovasi Masjid Hidayatul Hikmah Habiskan Dana Rp. 3,4 M



Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Hidayatul Hikmah saat ini tengah direnovasi secara bertahap. Renovasi ke tujuh yang mulai digarap sejak maret 2016 lalu tersebut diperkirakan akan telan dana hingga Rp. 3,4 milyar.

Masjid yang berlokasi di jalan Pangaritan Rt. 01 Rw. 03 Cipadung Wetan, Panyileukan ini telah berdiri sejak tahun 1933 di atas tanah seluas 537 m2 milik K.H E. Makmuludin (Alm) dan H. Kahfi. Namun saat terjadi Bandung Lautan Api pada tahun 1948, sebagian wilayah tersebut dihancurkan oleh TNI dengan tujuan agar tidak dipakai tempat persembunyian musuh, dan masjid yang sudah berdiri itu pun ikut dihancurkan. Keadaan masjid yang sudah rata dengan tanah tersebut baru dibangun kembali pada tahun 1955, dan hingga saat ini total telah dilakukan tujuh kali renovasi.

Ketua DKM Hidayatul Hikmah, K.H Ade Gozali menjelaskan, renovasi kali ini terdiri dari dua tahap, dan hingga saat ini telah menyelesaikan tahap pertama. "Pada tahap pertama, renovasi telah selesai hampir 90% dari keseluruhan, dan tinggal dilakukan pemagaran saja. Tahap ini telah menghabiskan dana sekitar Rp. 1,2 milyar." Ujar beliau saat ditemui dikediamannya, senin (9/11/2017).

Namun, karena terbatasnya dana, tahap ke dua renovasi hingga saat ini belum bisa dilakukan. Pada tahap pertama sebelumnya, sebagian besar dana untuk renovasi masjid ini diperoleh dari PEMKOT (Pemerintah Daerah Kota) Bandung, kas DKM, swadaya masyarakat, serta bantuan-bantuan perusahaan.

Melihat antusiasme masyarakat sekitar mulai dari anak-anak hingga orang tua terhadap kegiatan keagamaan yang secara rutin diadakan di masjid tersebut, diharapkan renovasi dapat dilancarkan, agar kegiatan-kegiatan didalamnya dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Reporter: Ririn Masrurotul Wadiah KPI/3D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio