x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

PNS Bukanlah Segalanya


 Oleh: Siti Hawa

PNS atau Pegawai Negeri Sipil kini menempati kasta tertinggi dalam kehidupan sosial masyarakat. Betapa tidak, jika dibandingkan dengan bekerja di instansi swasta, bekerja sebagai PNS merasa lebih tenang, karena PNS itu terjamin, gajinya lumayan, tidak bisa dipecat, mendapat dana pensiun, libur dan cuti banyak, serta berbagai alasan lainnya. Beberapa waktu terakhir ini banyak dibuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai instansi pemerintahan. Penerimaan CPNS tersebut disambut dengan antusias oleh Warga Negara Indonesia. Ribuan peserta pun rela mengikuti serangkaian tes, meskipun pada akhirnya hanya sekian puluh orang yang di pilih. Tak hanya sampai disitu, mereka rela juga mengikuti tes di tahun berikutnya. Bahkan ada yang sudah bertahun-tahun mengikuti tes, namun tak kunjung lulus untuk jadi PNS. Berbagai cara dilakukan agar bisa lolos tes. Ada yang memang benar-benar murni usaha sendiri, ada juga yang mengambil 'jalan pintas'.

Miris ketika ada seseorang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk kuliah di perguruan tinggi bergengsi, mengikuti les sana-sini, tes toefl, dan lain-lain hanya untuk menjadi PNS, dengan alasan terjaminnya kehidupan di masa depan. Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk menjadi PNS melalui 'jalan pintas'. Padahal jika uang-uang itu dikumpulkan, bisa dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri. Yang lebih terjamin kesuksesannya. Banyak pekerjaan lain yang dapat menunjang kesuksesan selain menjadi PNS. Seperti kerja di bidang IT, Desain Grafis, Digital Marketing Specialist, dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan utama menjadi PNS adalah perihal uang. Selama masih mau berusaha dan berjuang kita bisa lebih mendapatkan dari pada itu, yaitu dengan cara berilmu. Gali saja ilmu sedalam-dalamnya. Ilmu akan lebih membuat kita sukses dan mengangkat derajat kita di hadapan manusia.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project