x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Plagiarisme yang Menjadi Kebiasaan


Oleh : Elysa PN Fazriyah

Lulus dengan hasil tes yang memuaskan, tentulah impian bagi setiap orang. Banyak orang rela melakukan apapun untuk itu, salah satunya plagiasi. Mereka tidak memperdulikan apa yang telah dilakukannya, yang penting dapat nilai bagus, aman deh.

Plagiasi sudah seperti hal biasa, bahkan mungkin dari anak SD sudah melakukannya. Hal sederhana yang biasa terjadi yaitu menyontek.

Dari hal sederhana seperti ini, akan terbawa hingga dewasa dan menjadi kebiasaan. Orang yang melakukan plagiasi akan membuat dirinya menjadi tidak percaya diri dengan kemampuannya, bahkan bisa jadi bibit koruptor,eh.

Dan hal ini terbawa sampai ke tingkat mahasiswa, bahkan baru-baru ini dikabarkan bahwa rektor UNJ melakukan plagiarisme.   Sungguh miris sekali hal ini bisa terjadi. Rektor sebagai orang nomor 1 di kampus,  seharusnya memberi contoh perilaku yang baik. Semoga kejadian seperti ini tidak ada lagi di Indonesia.

Nah, generasi muda ayo kita bentuk generasi kita dengan kejujuran yang ditanam dari diri sendiri juga tanamkan nilai jujur pada adik adik kita.
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project