x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Muhasabah, Tutupi Celah, dan Terus Berkiprah

Oleh : Raeza Al Farizi

Adalah tak mengenakan bagi negeri ini dimana terjadi kasus doctoral plagiat yang lulus begitu saja. Entah, apakah itu hanya terjadi di UNJ karena terangkat beritanya ataukah mungkin masih banyak di tempat lainnya yang tak terdeteksi, tapi yang jelas fenomena ini memalukan sekaligus meretakan dunia pendidikan.

Bukan hal mudah untuk mengembalikan kepercayaan khalayak. Namun, lebih sulit lagi apabila tak ada usaha sama sekali. Oleh karena itu, wajiblah berupaya memulihkan kembali eksistensi dari kotoran-kotoran yang menempel.

Muhasabah, inilah hal pertamanya. Dalam segala aspek kehidupan, muhasabah(instropeksi) sangat penting sekali karena bisa mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu tutupi celah, setelah muhasabah langkah selanjutnya adalah tutupi celah-celah kesalahan dengan solusi-solusi dan diakhiri untuk terus berkiprah dengan kesungguhan sehingga sedikit demi sedikit kepercayaan terbangun kembali.

 Sangat disayangkan jikalau karena satu permasalahan kemudian perjuangan dalam dunia pendidikan terhenti, karena pendidikan adalah sangat penting bagi kehidupan seseorang. Jangan memperumit masalah, ciptakan solusi, muhasabah, tutupi celah, dan teruslah berkiprah demi kemanfaatan bagi banyak orang.
 
Mahasiswa KPI, UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio