Mudah Menghafal Qur’an, Madrasah At-Tarbiyah Terapkan Metode Jarimatika



Dakwahpos.com, Bandung- Madrasah At-Tarbiyah Islamiyah terapkan metode jarimatika mudah hafalkan qur'an yang diterapkan oleh jajaran guru. Madrasah At-Tarbiyah yang bertempat di jl.Desa Cipadung RT 03, RW 06 Cisalatri Utara kel.Cipadung kec.Cibiru Kota Bandung.

Metode jarimatika diterapkan kepada anak-anak yang dimulai dari usia 8 tahun sampai 15 tahun. Jajaran guru santri Madrasah At-Tarbiyah menerapkan metode hafalan qur'an kepada santri yang lebih mudah dihafal dan mudah diingat.

"Setelah diterapkan metode jarimatika yang sudah berjalan hampir 1 bulan lebih para santri merasa sangat terbantu menghafal quran", ujar Fitri Patmawati, salah satu guru santri Madrasah At-Tarbiyah, Senin (9/10/2017).

Menurut Fitri, anak-anak sangat bersemangat dan bersungguh-sungguh berusaha berlanjut menekuni hafalan qur'an dengan metode jarimatika, agar mendapatkan hasil yang  maksimal. Karena santri Madrasah At-Tarbiyah berniat ingin menjadi santri hafidz dan hafidzoh.

"Sangat antusias dan  menjadi suatu kebanggaan tersendiri ketika kami melihat anak-anak yang berlomba-lomba dengan semangatnya menghafal quran dengan cara metode jarimatika. Dimana metode ini memudahkan untuk mengetahui letak dimana posisi ayat-ayat yang meraka hafalkan dan bisa melatih pada otak kanan dan kiri mereka. Karena itu salah satu pendeskripsian dari ayat Al-Quran yang terdapat pada mushaf Al-Quran," kata Fitri.

Metode jarimatika diterapkan oleh Cecep Andi Humaedi selaku guru tetap Madrasah At-Tarbiyah yang dimulai pada awal bulan September 2017. Dan DKM At-Tarbiyah Islamiyah menyetujui metode jarimatika ini.


Reporter : Nur Fauziah Sugianingrum, Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023