x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Menjaga Muruah Perguruan Tinggi


Oleh: Fahmi Mujahid Abdul Aziz

Sungguh memperihatinkan dunia akademik saat ini karena telah tercoreng oleh aksi plagiarisme yang dilakukan oleh para mahasiswa program doktoral di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Perilaku plagiarisme di UNJ itu seperti mendapatkan kemudahan oleh pihak kampus disebabkan adanya oknum yang meluluskan 7 doktor dalam sehari. Hal ini menjadi suatu kemunduran dalam ranah keilmuwan dan intelektualitas para mahasiswa yang miskin akan kreativitas.
Perguruan tinggi seharusnya melahirkan manusia-manusia yang memiliki kejujuran dan intektualitas yang tinggi dengan memberikan pendidikan karakter, kreativitas dan pembelajaran yang menuntut untuk melahirkan pemikiran-pemikiran yang cerdas dalam memecahkan berbagai persoalan.

Menjaga muruah perguruan tinggi harus dijaga baik-baik oleh civitas akademika dengan berbagai cara agar tidak ada aksi plagiarisme yang dilakukan oleh para mahasiswa. Kasus plagiarisme di UNJ ini membuat tercorengnya muruah perguruan tinggi. Oleh karena itu, upaya untuk mencegah agar tidak adanya aksi plagiarisme ini ada beberapa hal. 

Pertama, mahasiswa harus mengedepankan sikap jujur dalam membuat karya tulis ilmiah dengan mencantumkan sumber dari ide dan gagasan  yang dikutip.

Kedua, sebagai promotor atau dosen pembimbing harus mendampingi mahasiswanya agar tidak melakukan aksi plagiarisme dengan memberikan pengarahan dalam membuat karya tulis ilmiah. 

Ketiga, rektor perguruan tinggi harus menindak apabila ada mahasiswanya yang melakukan aksi plagiarisme dengan memberikan sanksi yang tegas.

Keempat, pemerintah mengambil peran penting dalam mengambil kebijakan terkait pelanggaran aksi plagiarisme dengan memberikan sanksi atau hukuman kepada oknum-oknum plagiator berupa pencopotan jabatan dan  gelarnya, serta mengeluarkan mahasiswanya apabila terbukti melakukan aksi plagiarisme.

Demi menjaga muruah perguruan tinggi, harus ada sinergitas antara mahasiswa, dosen pembimbing, rektor perguruan tinggi dan pemerintah untuk saling bahu membahu agar tidak ada lagi tindak kecurangan aksi plagiarisme di perguruan tinggi.


Status Mahasiswa : Aktif


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project