x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Mencintai Budaya itu Penting

Oleh: Titin Rosidah

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Seiring berjalannya waktu, zaman semakin maju dan budaya semakin terlupakan. Mengikuti zaman tidak salah, namun melupakan budaya juga tidak boleh. Contoh kecil budaya yang terlupakan dan hampir punah yaitu budaya sunda. Terlebih dari kesenian tradisionalnya, sekarang kalah dengan kesenian yang berunsur modern.

Wayang golek, tari jaipongan, degung, rampak kendang, sisingaan, bajidoran, cianjuran, kacapi suling. Itu semua adalah kesenian tradisional budaya sunda yang sekarang sudah jarang sekali anak muda yang mengetahuinya bahkan memainkannya.

Mencintai budaya itu penting, walaupun sekarang zaman sudah semakin canggih tak menutup kemungkinan untuk tetap menjaganya dengan sebaik mungkin. Karena itu akan menjadi tradisi turun menurun untuk anak cucu kelak. Penyebabnya antara lain minimnya regenerasi pelaku, jarang dipentaskan, dan kalah pamor oleh seni modern. Oleh karena itu, pemerintah daerah, seniman, dan akademisi Jawa Barat diharapkan lebih peduli membangkitkannya kembali.

Titin Rosidah, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project