x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Kenapa Ada Sebuah Tren Korupsi di Beberapa Kepala Daerah ?

Oleh : Wildan Fadlila Mutaqin


Akhir akhir ini banyak kepala daerah yang tertangkap KPK akibat kasus korupsi, sekarang korupsi menjadi sebuah tren bagi beberapa kepala daerah, hingga sepanjang 2017 ini ada lima nama kepala daerah yang terjaring atas dugaan tindak pidana korupsi, dan mereka kini berstatus tersangka KPK.
Pertanyaannya, Mengapa korupsi menjadi sebuah tren bagi para kepala daerah? Ada beberapa penyebabnya, pertama sumber daya manusia yg kurang baik seorang kepala daerah baik itu bupati atau wali kota.


Kemudian yang kedua, budaya korupsi yang menjadi tren di kalangan kepala daerah ini disebabkan karena sebelum kepala daerah ingin menjadi seorang kepala daerah tentu saja ada biaya politik atau biaya kampanye yang begitu besar bahkan bisa saja tidak akan terganti melalui penghasilan halalnya sebagai kepala daerah, dengan itu akan sangat susah menuntut kepala daerah ini menjalankan pemerintahan yang bersih dan jauh dari praktek korupsi
Untuk itu sebagai masyarakat kita harus berhati hati dalam memilih kepala daerah dan mengetahui betul orang yang akan kita jadikan sebagai kepala daerah, bukan hanya memilih orang yang pintar saja namun jujur dan bermanfaat.


Wildan Fadlila Mutaqin, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project