x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Keluarga dan Pemerintah Harus Bekerjasama


Oleh: Eneng Siti Hardianti

Banyak anak-anak yang mengamen di jalanan maupun dimobil angkutan umum. Mereka sekolah sambil mencari uang ataupun anak yang putus sekolah, entah itu di suruh oleh orang tua nya atau keinginan nya sendiri. Beberapa anak mungkin keinginan nya sendiri dan mugkin di suruh oleh orang tua nya, betapa sedih negeri ini yang masih banyak masyarakat yang kurang mampu, sehingga anak di bawah umur menjadi korban dari ketidakmapuan keluarganya dan ini bisa jadi peluang para penjahat di jalanan untuk menyakiti anak-anak di bawah umur  dan akan lebih buruk, jika ditambah dengan pergaulan yang tidak seharusnya atau kenakalan remaja maupun anak. Maka akan bertambah banyak anak bangsa yang rusak dalam Pendidikan maupun moral nya. Menjadi salah satu tanggung jawab bagi pemerintah untuk menangani hal tersebut, karena akan mengganggu kenyamanan warga setempat maupun pengguna jalan. Harus menjadi catatan bagi orang tua seharusnya lebih mengutamkan Pendidikan seorang anak walaupun serba kekurangan jangan sampai anak di bawah umur menjadi korbannya. Karena bagaimanapun keadaan keluraga akan berubah karena Pendidikan yang di anyamnya dan sebuah negara akan maju karena dilihat dari Pendidikannya, bahkan anak yang di sekolah kan pun masih banyak yang menyimpang pada kenakalan remaja seperti merokok dan menggunakan obat-obatan apalagi yang tidak di sekolahkan.

Setiap anak berhak untuk mendapatkan hak nya untuk sekolah dan melaksanakan kewajibannya sebagai seorang anak sekolah. Keluaga menjadi yang paling utama dalam mendidik dan membimbing anak dari kecil hinggga menjadi dewasa. Kekerasan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak akan membekas di ingatan anak tersebut dan apabila anak tidak di barengi dengan keagamaan mungkin bisa jadi kelak dia dewasa diapun melakukan hal yang sama kepada anak nya, maka berilah anak kasih sayang sepenuh nya didiklah dia agar menjadi anak yang nantinya membanggakan keluarga dan bangsa. Kekerasa pada anak bisa menjadi sebab dari kenakalan remaja seperti menggunakan narkoba ataupun obat-obatan terlarang lainnya. Sebaiknya sedia payung sebelum hujan setidaknya keluarga bisa mengantisipasi nya dengan kaksih sayang dan memberi Pendidikan yang layak serta di barengi dengan keagamaan nya.

Bagi pemerintah harus lebih memperhatikan Pendidikan masyarakat yang tidak mampu, sehingga tidak menjadi alasan bagi mereka untuk tidak menyekolahkan anaknya.

Mahasiswa Jurusan KPI UIN Bandung




Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio