x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Hilangkan Ketergantungan Penggunaan Bahan Plastik


Oleh : Fitri Yani

Sampah yang kian hari kian menggunung ditanah air. Berbagai persoalan mengenai sampah sudah menjadi hal lumrah. Jika bencana sudah timbul barulah masyarakat menyeru pemerintah, sedang pemerintah sendiri angkat tangan. Sampah di indonesia yang sudah tak terhitung berapa banyaknya ini hendak menjadi perhatian pemerintah. Walau sampah sudah tertimbun beberapa tahun, tapi wujudnya tetap saja nampak.

Baik itu sampah rumah tangga, pabrik dan lain sebagainya. Keterlanjuran inilah yang hendak kita cari solusinya. Dengan berbuat 1 kebaikan setiap harinya, baik dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi pemakaian plastik. Ingat! Sampah plastik walau sudah tertimbun tanah dan bertahun-tahun tetap akan nampak seperti sampah.

Dengan keadaan lingkungan yang kotor ditambah sampah yang menumpuk tentu akan menimbulkan berbagai penyakit dan kerugian pada dunia. Menjelaskan kepada anak akan bahaya sampah plastik sangatlah bermanfaat, anak yang sadar tentu tidak akan berketergantungan pada sampah plastik. Banjir barulah sebagian kecil dari akibat yang ditimbulkan oleh sampah, masih banyak hal merugikan lain yang akan terjadi akibat sampah.

Selama tahun 2016 saja sudah tercatat 65 juga ton sampah di indonesia. Mulai dari bank sampah hingga penghunaan kantongn plastik pra bayar di mini market, kiat-kiat itulah yang dilakukan pemerintah. Bagaimana pun pemerintah melakukan pencegahan jika tanpa ada kesadaran dari masyarakat tidak akan berarti. Saling bekerja sama demi menuntaskan persoalan sampah adalah langkah kecil yang akan membawa perubahan.

Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio