x
BREAKING NEWS

Minggu, 08 Oktober 2017

Hilangkan Budaya Plagiarisme Sejak Dini

Oleh: Eneng Siti Hardianti

Membuat artikel ataupun makalah sudah sangat sering dilakukan dari sejak SMP, SMA hingga menjadi Mahasiswa, tetapi pertanyaannya apakah artikel atau makalah yang di buat oleh kita adalah hasil dari pemikiran dan penelitian? Kita mungkin terlalu dimanjakan oleh internet yang dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi, sehingga artikel ataupun makalah yang kita perlukan untuk memenuhi tugas sekolah atau kampus dapat di akses di situs internet kemudian di copy paste, sehingga tugas dari sekolah ataupun kampus dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat.  Tanpa kita sadari bahwa kegiatan copy paste dapat membuat kita menjadi pribadi yang pemalas dan pemalas menjadikan kita seseorang yang bodoh. Baru-baru ini dikabarkan bahwa telah tertangkapnya seorang Mahasiswa dari UNJ yang melakukan plagiarisme disertasi yang dilakukan oleh sejumlah alumni pascasarjana. Seseorang yang ingin mendapatkan gelar doctor melakukan plagiarisme menjadi hal yang sangat memalukan, karena akan dipertanyakan dimana letak kemampuan yang dimlikinya dan patut dipertanyakan skripsi dan disertasi yang sudah ditulisnya apakah hasil pemikiran dan penelitannya ataukah sama halnya yang terjadi pada saat ini. Seharusnya kita tidak perlu melakukan hal seperti itu dimana kita hanya akan merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain. Jika budaya copy paste atau plagiarime tidak dilakukan sejak dini mungkin hal ini tidak akan terjadi.

Mahasiswa seharusnya sudah terbiasa menulis dan membuat karya tulis sehingga tidak perlu melakukan plagiarisme. Jika terbiasa menulis maka kemampuan kita pun ter-asah dan kegiatan plagiarisme pun tidak akan terjadi.

Seorang Mahasiswa sepatutnya dapat menjadi contoh yang baik bagi siswa dan juga masyarakat. Tanamkan kejujuran dari sejak dini dan jangan jadikan situs internet sebagai yang paling di andalkan, mulailah belajar menulis dengan hasil pemikiran dan penelitian sendiri maka kita akan menjadi Mahasiswa yang berkualitas anti plagiarisme.

Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project