x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

E-Toll, Kebijakan Baru Pemerintah

Oleh : Engkom Komariah

Perkembangan teknologi di Indonesia sudah semakin maju. Teknologi hampir menguasai separuh dunia. Dan semakin hari semakin berkembang, sehingga terus bermunculan inovasi-inovasi baru yang terus mewarnai perkembanagan zaman.

Dan saat ini, ada inovasi baru tentang kebijakan pemerintah yang akan segera memberlakukannya Transaksi Nontunai (E-Toll) di Tol. Mengenai hal ini, kita bisa melihat dari dua sisi. Yang pertama, jika kita melihat dari segi perkembangan teknologi, hal ini justru merupakan inovasi yang bagus. Karena dengan diberlakukannya E-toll, pembayaran Tol bisa lebih cepat, praktis, efisien. Sehingga kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang dari dompet atau saku untuk membayar tol, atau menunggu uang kembalian ketika pembayaran sehingga menyebabkan kemacetan yang panjang. Dalam hal ini E-Toll seperti menjadi solusi dari permasalahan tersebut yang memberikan kemudahan bagi para pengguna jalan Tol.

Dan yang kedua, mari kita lihat dari sisi yang berbeda. Karena di Indonesia sistem pendidikannya belum merata, dan pengguna jalan tol di indonesia bukan hanya merupakan orang yang berpendidikan. Sehingga disebagian kalangan, diberlakukannya E-toll ini justru terbilang merepotkan terlebih untuk orang yang biasanya disebut GapTek (Gagap Teknologi). Dan penggunaan E-toll ini dikatakan cukup rumit. Sehingga perlu dilakukannya sosialisai tentang pengenalan dan cara penggunaan E-toll. Agar sebagian kalangan yang memang belum mengerti atau sedikit GapTek bisa memahami apa yang dimaksud dengan E-toll dan cara penggunaannya.

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio