x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Degrasi Moral Kaum Terpelajar


Oleh: Aji Gunawan
   
Ironis bagi bangsa ini yang menjunjung nilai – nilai moral yang berlandaskan kearifan lokal serta kebudayaan yang majemuk . Sungguh tidak bisa dipungkiri dengan kasus yang ramai diperbincangkan mengenai plagiarisme , semestinya kaum terpelajar mencerminkan nilai – nilai yang bisa memotivasi orang lain untuk selalu berbuat lebih baik dan mengarah ke arah yang lebih maju . Justru hal ini dinodai oleh segelintir oknum dengan tindakan plagiasi ,  yang sangat tidak pantas untuk ditiru bagi para kaum terpelajar di Indonesia .
   
Melihat para bapak bangsa kita , bagaimana seorang kaum terpelajar dimasa lalu menjadi seorang yang berhasil dengan keilmuannya untuk merubah paradigma kaum pribumi yang dikesampingkan oleh rezim yang berkuasa saat itu menjadi terpelajar , terdidik akan ilmu pengetahuan . Selain itu secara sosial berdampak luas adanya suatu perubahan sosial bahwasanya kaum terpelajar dimasa lalu berhasil memanusiakan manusia sebagai manusia – manusia yang beradab dan berbudi luhur .
   
Dengan terjadinya kasus seperti ini merupakan suatu tamparan telak bagi para kaum terpelajar masa kini untuk berbenah diri dengan melihat semangat para bapak bangsa , bagaimana mereka membangun Republik Indonesia ini dengan perjuangan dan pergerakkan segenap elemen bangsa ini . Lalu kasus seperti ini merupakan suatu hal yang memalukan dan tidak pantas dilakukan oleh oknum sekaliber jabatannya seorang ' rektor ' Universita Negeri Jakarta (UNJ) , dan bagaimanapun tindakan plagiasi ini harus ditindak tegas dan hentikan untuk kedepannya jangan ada oknum – oknum yang dikatakannya seorang ' kaum terpelajar ' namun tindak lakunya  kurang terpelajar .
   
Sebagai pelaksana kebijakan publik ,  Kementrian terkait perlunya pembenahan dalam lini sektor hasil karya penelitian yang dihasilkan para mahasiswanya dalam suatu perguruan tinggi yang ada di Indonesia , dengan menerapkan kemajuan teknologi sistem informasi yang tentunya bersaing dengan negara lain . Sehingga tindakan yang serupa itu di tahun – tahun yang sebelumnya dapat terdeteksi dan terungkap , kemudian implikasi akhirnya memutus mata rantai mafia plagiarisme di kalangan kaum terpelajar . Bagaimanapun budaya seperti itu tidak baik bagi bangsa ini yang menjunjung tinggi nilai moralitas .

Penulis :  , Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam , UIN Sunan Gunung Djati Bandung .

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project