x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Batik Indonesia dan Dunia

Oleh: Rahmania Zahrah

Indonesia adalah negeri dengan ribuan budaya salah satunya adalah batik. Keanggunan dan kekhasan corak yang dimilikinya telah banyak membuat mata dan peminat fashion budaya terpesona karenanya

Batik telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan kebudayaan lokal, status sosial, alam dan sejarah. Hal ini terbukti dari motif yang digunakan berbagai daerah sebagai ciri khas masing-masing. Selain sebagai ciri khas, motif pada batik pun memiliki berbagai makna yang menggambarkan karakter dari berbagai pemilik dan pemakai busana batik tersebut.

Batik merupakan warisan tradisional budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan kita harus berperan aktif untuk melestarikan batik. Selain sebagai warisan budaya, keindahan batik juga telah diakui dunia, beberapa tokoh dunia dan selebriti Hollywood menyukai serta bangga memakai batik Indonesia.

Beberapa diantaranya menggunakan batik Indonesia dalam berbagai kesempatan seperti Barack Obama, pemeran Harry Potter, Jackie Chan, Jessica Alba, Heidi Klum, penyanyi Adel, Bill gates - salah satu Orang terkaya di dunia. juga pakai batik dan pendiri micosoft corporation yang juga bangga dengan batiknya. Selain itu seorang Desainer batik Nusiirwan Tirtaamidiaja (Iwan Tirta) karya-karya batiknya disukai oleh beberapa kepala Negara seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda bahkan Bill Clinton.

Batik telah mengalami kemajuan dari berbagai aspeknya baik dari tampilan, motif dan cara pembuatannya. Keanggunan dan kekhasan corak yang dimiliki batik telah banyak membuat mata dan peminat fashion budaya terpesona karenanya. Tampilan batik menjadi terlihat lebih modern dan kini batik menjadi fashion di Indonesia bahkan dunia sehingga tidak hanya orang tua saja yang memakai batik namun anak muda juga mulai memakai baju batik.

Dengan adanya kesenian batik tulis Indonesia ini, sudah dapat dikatakan bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat kreatif. Eksistensi batik menyebabkan inovasi penggunaan motif batik terus bermunculan. Di olahraga, motif batik telah dipakai pada kaos tim sepak bola bahkan sepatu sepak bola pun bermotif batik.

Dulu Malaysia pernah mengklaim batik adalah milik mereka. Polemik pun muncul akibat klaim Negeri Jiran terhadap batik ini. Pemerintah Indonesia tidak diam dengan klaim Malaysia tersebut dan mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO atau Representative List of Intangible Cultural Heritage-UNESCO. Proses yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia terbilang cukup panjang

Puncaknya, pada tanggal 2 Oktober 2009 diakhiri dengan UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Pengukuhan ini telah menghapus pengklaiman yang digencarkan oleh Negara tetangga, Malaysia.

Untuk itu harusnya kita menghargai batik bukan hanya sekedar untuk gaya, tapi juga menjaga dan melestarikan kesenian batik yang dimiliki oleh Negara kita Indonesia, supaya tidak di klaim oleh Negara lain.


Penulis, Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio