x
BREAKING NEWS

Minggu, 22 Oktober 2017

Ade Hidayat: Terbiasa Melakukan Kebaikan, Insya Allah Kita Akan Husnul Khatimah



Dakwahpos.com, Bandung- Ada beberapa ciri manusia yang husnul khatimah, seperti :
"Melafadzkan kalimat Thayyibah ( kalimat-kalimat Allah yang indah), taat dan tunduk kepada Allah, sedang beribadah dan mati syahid." Ujar Drs. Ade Hidayat, M.Ag. Jumat (20/10/17).

Dalam kitab al-mukhtadzor dijelaskan bahwa sakaratul maut akan terasa sangat pedih, maka ketika memandikan jenazah dilarang terlalu keras dan hukum mengurus jenazah itu fardhu kifayah.

"Hidup itu proses yang di dalamnya ada pilihan, yakni yang menuju pada kebaikan atau keburukan, tinggal kita yang menentukan akan menjadi manusia yang berpotensi kemana. Namun kita harus berusaha untuk  terus taat kepada Allah agar husnul khatimah. Setiap manusia pasti mendambakan hal itu, maka di waktu sakaratul maut inilah yang menenuntukan kita akan menjadi ahli surga atau ahli neraka, jika kita dihadapkan dengan orang yang sedang sakaratul maut, kita harus menuntun (talaqi) orang yang akan meninggal tersebut, bukan malah menangisi dan membiarkannya." Tutur Drs. Ade Hidayat, M.Ag. Jumat (20/10/17).

Meskipun begitu, kita tidak boleh asal menafsirkan bahwa seseorang telah husnul khotimah atau su'ul khotimah karena itu sesuatu yang tidak baik dan hanya Allah Swt yang lebih mengetahuinya, tapi kita bisa melihat hanya dari ciri-cirinya saja, ada baiknya jika kita terus mendo'akan orang yang sudah meniggal itu.

Jika kita sudah terbiasa melakukan berbagai kebaikan dalam keseharian, Insya Allah kita akan husnul khatimah, karena kita percaya akan janji-janji Allah dan selalu mengingat kekuasaan Allah Swt.

Reporter : Hanifa Nurfadilah. KPI/3/B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio