x
BREAKING NEWS

Selasa, 03 Januari 2017

Resensi Buku: Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an


Identitas buku

• Judul buku : Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an
• Pengarang   : Bambang Q-Anees M,Ag dan Drs Adanga Hambali m.Pd
• Penerbit         : Simbiosa Rekatama Media
• Tempat Terbit : Bandung
• Tahun Terbit : 2009
• Jumlah Halaman : 164 Halaman

Buku ini merupakan cara pandang baru dalam pendidikan karakter, merujuk pada hadist Nabi

bahwa dirinya diutus untuk menyempurnakan karakter (akhlak). Buku ini merupakan sejumlah prinsip pendidikan karakter berbasis Al-qur'an, karena Al-Qur'an adalah akhlak Muhammad Rasulullah. Jadi bila kita hendak mengarahkan pendidikan kita, dan menumbuhkan karakter yang bagus pada anak didik , tiada lagi model yang memiliki karakter yang sempurna kecuali Muhammad Rasulullah.

Merujuk pada piramida terbalik Maslow, kini saatnya dunia pendidikan mengubah paradigma. Bukan lagi mengarahkan siswa untuk sekedar memiliki keterampilan mengerjakan soal-soal eksakta (IQ), melainkan mendorong siswa untuk dapat mengaktualisasikan dirinya dan memiliki kebiasaan menemukan makna kehidupan. selama ini dunia pendidikan agama secra umum dan pendidikan pesantren terdesak oleh kecenderungan pendidikan yang mengutamakan penguasaan eksakata, akibatnya apa yang menjadi kelebihan dunia pendidikan agama ditinggalkan.

Tujuan pendidikan islam yaitu insan kamli. Artinya manusia yang berhasil mencapai puncak prestasi tertinggi dilihat dari beberapa dimensi. Al-Qur'an adalah jamuan makan bagi pembelajar, bila Al-Qur'am adalah jamuan tuhan bagi manusia untuk menghadiri jamuan kerohanian, maka melalui Al-Qur'an kita dapat menikmati makanan-makanan lezat yang tersedia dalam jamuan itu.

Al-Qur'an sebenarnya memiliki istilah yang lebih konkreet daripada insan kamil yang secara verbal tak disebutkan Al-Qur'an. Istilah itu ialah ulul al-bab melalui cirri-ciri ulul al-bab , ini orientasi pendidikan islam dapat dilakukan secara realistis.

Ciri-ciri insan kamil :

• Bersungguh-sungguh mencari ilmu
• Mampu memisahkan antara yang baik dan yang buruk
• Kritis dalam mendengarkan pembicaraan
• Bersedia menyampaikan ilmunya kepadaorang lain
• Tidak takut kepada siapapun kecuali Alloh.

Ditulis bersama oleh Bambang Q-Anees (staf dosen UIN Sunan Gunung Djati) dan ahmad Hambali (kandidat Doktor Ilmu Pendidikan), dengan bahasa yang mengalir, serta seseorang merujuk pada sumber-sumber filosofis dan tasawuf. Selain tinjauan teoretis, buku juga mencantmkan beberapa langkah praktis penerapan pendidikan karakter berbasis Al-qur'an. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para guru agama, guru madrasah atau guru umum yang hendak menyisipkan pendidikan karakter pada mata pelajaran yang diasuhnya. Juga bermanfaat pada mahasiswa fakultas keguruan dan pendidikan.

Peresensi : Endah Walidah, KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio