x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 Januari 2017

Menulis Artikel dan Tajuk Rencana

 
 
Oleh : Laila Afifah KPI 3 B
 
RESENSI
Penulis          : Drs. AS Haris Sumadiria M.SI.
Judul             : Menulis Artikel  dan Tajuk Tajuk Rencana
Editor             : Rema Karyanti S.
Desainer Sampul     : Iman Taufik
Layout             : Pratama Setya Ilham-Dedi Junaedi
Penerbit         : Simbiosa Rekatama Media
Tahun Terbit        : 2011
Jumlah halaman         : 176
Tempat Terbit         : Jl. Ibu Langit Garnisih No. 31 Bandung 40252
Harga Buku         : Rp.25000
Cetakan ke         : 6

Drs. A. S. Haris Sumadiria, M.Si. adalah dosen dan ketua Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah IAIN SGD Bandung. Ia alumnus jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunisasi (S1) dan Bidang Kajian Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran (S2). Ia seorang penulis, kolumnis, novelis, dan sekaligus jurnalis. Sebagai akademisi, ia kerap menjadi pemateri dalam berbagai seminar, simposioum, lokakarya, dan pelatihan bidang komunikasi, jurnalistik, dan kehumasan. Sebagai pendidik, ia anggota tim asesar BAN PT. Sebagai konsultan komunikasi, ia aktif melakukan pendampingan masyarakat di Jawa dan Bali.

Menulis berkaitan erat dengan peradaban. Bahasaa membedakan manusia dari binatang, sedangkan tulisan membaedakan orang beradab dan orang biadab. Menulis itu sangat penting, paling tidak untuk mencapai tiga hal. Pertama, sebagaiwahana diskusi dan sosialisasi gagasan.kedua, memberi kontribusi pemikiran dalam kerangka mencari solusi suatu masalah. Ketiga, sebagai sarana proses aktualisasi dan eksistensi diri.

Dalam kehidupan modern dewasa ini, tak seorang pun dari kita bisa mengelak dari tulisan. Setiap hari kita dibombardir dengan jutaan informasi yang dikemas melalui tulisan media massa. Kita memilih sesuai hati kita, menerima dan bahkan menikmatinya. Lewat tulisan, pengetahuan kita bertambah, wawasan kita makin luas, daya analisis kita makin tajam, sikap kita makin bijak, rasa kemanusiaan kita makin peka, dan keputusan serta tindakan kita pun makin menuju kearah yang benar.

Secara teknis jurnalistik, artikel adalah bentuk opini yang terdapat dalam surat kabar atau majalah. Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual atau kontroversial dengan tujuan untuk memberitahu (informatif), mempengaruhi dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menghibur khalayak pembaca (rekreatif). Persiapan penulisan (prewriting), pelaksanaan penulisan (writing), dan perbaikan materi (editing).

Ada tujuh langkah yang harus kita kuasai dalam bab ini ; Pertama, Intro. Dalam artikel kedudukan intro sangat strategis. Intro harus dipilih dengan baik. Intro yang baik akan membangkitkan minat baca serta mengantarkan khalayak pada tujuan secara singkat dan efektif. Kedua, fungsi intro artikel. Ketiga,  jenis-jenis intro artikel. Keempat, mengembangkan bahasan artikel. Kelima, tiga prinsip komposisi artikel. Keenam, urutan organisasi pesan. Ketujuh, cara menutup artikel.

Artikel layak kirim, topik yang diangkat aktual dan atau kontroversial, tesis yang diajukan orisinal serta mengandung gagasan baru dan segar, materi yang dibahas meliputi kepentingan masyarakt luas, topik atau pokok bahasan yang dikupasn diyakini tidak bertentangan dengan aspek etis, sosiologis, yuridis, dan ideologis, ditulis dalam bahasa baku yang benar dan baik, lincah dan segar, mudah dan ringan dibaca, mencerminkan visi dan sikap penulis sebagai seorang intelektual atau cendekiawan, referensial, singkat utuh dan tuntas, tidak boleh menyita waktu, memenuhi kebutuhan sekaligus bisa mengikuti selera dan redakksional media massa, memenuhi kualifikasi teknis-administratif media massa bersangkutan.

Secara teknis jurnalistik, tajuk rencana diartikan sebagai opini redaksi berisi aspirasi, pendapat, dan sikap resmi media pers terhadap persoalan potensial, fenomenal, aktual dan atau kontroversial yang terdapat dalam masyarakat. Suara tajuk rencana bukan suara perorangan atau pribadi melainkan suara kolektif seluruh wartawan dan karywan dari suatu lembaga penerbitan pers

Dalam arti sempit, pers hanya menunjuk pada media cetak berkala, sedangkan dalam arti luas, pers bukan hanya menunjuk pada media cetak berkala melainkan juga mencakup media elektronik auditif dan media elektronik audio visual.

Buku ini memudahkan untuk membuat artikel atau berita, khususnya bagi pemula yang ingin menjadi penulis. Bahkan melalui tulisan, kita dapat menghasilkan uang.  Buku ini pun bisa menunjukan manakah orang yang beradab dan manakah orang yang biadab. Dari buku ini kita bisa menjadi seorang penulis dan jurnalis yang profesional.

Buku ini terlalu banyak menggunakan kata-kata akademis, sehingga bagi orang awam seperti saya, harus mencari tahu definisi dari kata tersebut. Dari segi sampul berwarna merah muda, menurut saya warna itu terlalu perempuan. Jarang saya melihat buku ilmiyah berwarna merah muda. Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang menyukai tradisi  intelektualisme dan pencerahan, mahasiswa jurusan Jurnalistik, Humas (Public Relations), fakultas dakwah, praktisi media massa, praktisi humas, peneliti, intelektual, cendikiawan, ilmuwan, dosen, politisi, aktivis, guru pada semua jenjang pendidikan, serta siapa saja yang memiliki hasrat besar mengembangkan minat dan bakatnya menjadi penulis dan jurnalis profesional.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio