x
BREAKING NEWS

Selasa, 03 Januari 2017

Masjid Masa Gitu



 Cerpen Karya: Endah Walidah


Semester 3 ini cukup menarik untuk diceritakan, semester sebelumnya saya banyak maen atau jalan-jalan ke banyak tempat yang hanya menghbiskan waktu dan uang, berbeda dengan semesster 3 ini  waktu dan jalan-jalan saya meningkat, yang biasanya saya mendatangi suatu tempat, memijat bel dan mengatakan mas/mba pesen ini nya 1 itunya 1, berbeda  dengan semester 3 yang d pijat  bel itu menghampiri seorang DKM

''Assalamu'alaikum pak..apa benar ini rumahnya DKM masjid Baiturrahim"

Beliau menjawab: "iyah, benar..siapa dan dari mana"?

Saya: "saya Endah,mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung datang kesini bermakssud untuk memenuhi tugas matakuliah Jurnalisme Dakkwah yang ditugaskan untuk meliput sebuah masjid yang kebetulan tidak tau kenapa saya tertarik untuk meliput masjid Baiturrahim ini".

Setelah saya dipersilahkam masuk, saya pun mulai menanyakan semua tentang masjid Baiturahim dari mulai latar belakang,"masjid Baiturahim berdiri d atas lahan kosong yang berada di komplek Bumi Orange Blok f 12. Masjid Baiturahim pertama kali dibangun yang berada di lingkungan blok F sampai sbagiannya G. Atas saran dari tokoh agama dan masyarakat, mereka merintis sekaligus merencanakan pembangunan masjid dengan latar belakang di karenakan jarak mamsjid yang sudah ada jauh dari jangkauan, maka dibentuklah kepaitiaan pembangunan masjid dengan biaya  dari swadaya dari masyarakat sekitar.

Pembangunan dari kepanitiaan ini, tidak sampai selesai,tidak sampai tahap pemasangan pondasi hambatannya karena  sebagian dari kepanitiaan banyak yang pindah rumah dan pergerakannya tidak pesat.

Semakin  banyak penduduk yang berdomisili hususnya yag ada di lingkungan blok F dan G maka digagas lagi untuk melanjutkan pembangunan masjid tersebut yang mengguunakan biaya dari swadaya masyarakat. Maka dibentuk lagi kepanitiaan pembangunan masjid yang kedua, sehingga pembangunan bisa berdiri dengan bertahapan yangmasih jauh dari sempurna, masih beratapkan fiber tetapi kegiatan di masyarakat bisa di laksanakan, kemudian ada bantuan berupa atap sehimngga diganti dengan genteng.

Pada pembangunan selanjutnya usaha dari pembagunan panitiaberhasil mendapatkan donatur pembangunan dari seseorang untuk menyelesaikan pembangunanmasjid tersebut. Maka berdirilah masjid yang yang sedang saya liput untuk di jadikan tugas jurnalisme dakwah  (BAITURAHIM). Yang sangat megah dan menjadi kebanggaan masyarakat disekitarnya". sejarah,"Masjid baiturrahim sudah dua kali berganti kepegurusan /DKM periode pertama Bpk Yadi Supriyadi  S.os dan yang sekarang Bpk Moh.Rifa'i".

dan kegiatan-kegiatan yang  dlakukan di masjid Baiturahim tersebut •    Solat berjamaah •    Sholat jum'at •    Pengajian anak-anak •    Majelis ta'lim •    Kajian tahsin •    Pengajan bapak-bapak •    Kajian hadits.

Setelah saya berlama-lama berbincang dengan seorang DKM masjid Baiturahim dan waktu pnn sudaah menjukan pukul 05: 25 saya pun bergegas untuk berpamitan dan meminta izin di lain hari saya kembai ke sini untuk melput kegiatan-kegiatan yang d gagas d masjid ini.saya pun diperbolehkan untuk meliput kegiatan tersebut

Singkat cerita, setelah beberapa hari kemudian saya kembali datang ke masjid tersebut dan yang saya ingn jumpai pada har itu ternyata beliau sedang tidak ada di rumah, karena selain menjabati ketua DKM di Masjid Baiturrohim beliau juga menjabat sebagai manager di perusahaan pizza.

Dan terpaksa pada saat itu saya menanyakan kepada warga sekitar tentang apa saja kegiatan yang dilakukan..

Imas alamiah yang kebetulan seorang guru dari lembaga pendidikan TPA,TPQ  warga komplek  Bumi Orange Blok F 12 menjadi narasumber saya pada saat itu.

Yang saya tanyakan : " kemarin sudah saya tanyakan sedikit mengobrol dengan bapak DKM nya beliau menceritakan dari mulai latarbelakang,sejarah,dan kegiatan-kegiatan yan diakukan, namaun dikarenakan kemaren waktunya sudah mepet ke jam sholat maghrib jadi pembicaraan kami terpotog sampai kegiatan-kegiatan saja belum sampai ke waktu dilaksanakaannya kegiatan.

"kebetulan nih saat ini saya bebicara dengan seorang guru dari lembaga penddikan TPA,TPQ  jadi pas banget nanya lansung kesasarannya,hhehe"ujar saya.

Imas alamiah: kegiatan yang berjalan di masjid ini seperti sholat jum'at yang sudah lajim dilakukan di hari jum'at pastinya, " sembari senyum jail ", solat berjamaah yang dilakukan setiap hari baagi yang bisa melakukannya,terkadang kan para jamaah disini identiknya pekerja semua jadi solat berjamaah itu jarang dlakukan baginya, karena  mereka masih berada di tempat kerjanya masing-masing, kecuali seperti solat maghrib daan isya mereka menyempatkan berjamaah, karena kalo subuh mereka beragkat beraktivitas lagi. Terus ada pengjian anak-anak yan dilakukaan setiap hari setelah shalat ashar dan maghrib. Ada  juga majelis ta'lim dilkukan setiap hari senin, selasa, malam jum'at dan sabtu. Kajian tahsin yang dilakukan setia hari jum'at saja. Ada pengajian bapak-bapak di malam minggu dan ada kajian hadits yang diakukan setelah sholat subuh.

Singkat cerita setelah tanya jawab suudah di luar tema saya pun mengakhiri perjumaan saya dengan ibu imas,

"Terimakasi bu, sudah menggangu waktunya, saya tdak bisa berlama-lama karena masihada tugas yang harus saya selesaikan ujar saya".

Imas : ngga neng, ibu tidak merasa terganggu ibu senang bisa ngobrol-ngobrol sama neng.

Saya :"segera bangun dari tempat duduk "sekali lagi terimakasi ibu".

Imas :" terbangun dari duduknya, sama-sama neng, hati-hati di jalan





Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio