x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 Januari 2017

Komunikasi Mewadahi Kebinekaan


Oleh : Istianah Rahmawati

Komunikasi merupakan sarana yang diciptakan Tuhan sebagai alternatif dalam kemajuan hidup manusia. Sulit jika manusia dimanapun tidak dapat berkomunikasi, tidak ada bahasa verbal maupun nonverbal yang digunakan. Lalu bagaimana manusia akan memiliki kemajuan dalam hidupnya jika bukan melalui komunikasi? Padahal komunikasi berperan penting dan memiliki pengaruh yang sangat tinggi bagi manusia, maka perlu disadari bahwa komunikasi juga dapat dijadikan sebagai wadah, karena komunikasi memiliki banyak fungsi.

Kebinekaan di negara kita misalnya, yang berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Pasti membutuhkan peran komunikasi dalam persatuan. Bahwa negara Indonesia dengan keberagaman yang luar biasa ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa komunikasi yang sesuai, ini menunjukan bahwa komunikasi membantu keberlangsungan keragaman yang ada di negara kita.

Bahasa Indonesia dalam sumpah pemuda dijadikan sebagai bahasa satu yaitu bahasa persatuan. Dimana Bahasa Indonesia digunakan dimanapun sebagai bahasa yang mutlak dan pemersatu di Negara Indonesia. Komunikasi dengan bahasa dapat juga dijadikan sebagai alat untuk mengekspresikan diri, baik sebagai bangsa maupun sebagai diri sendiri. Identitas dari sebuah kebangsaan yang bernegara itu menjadi penting disampaikan melalui komunikasi yang dapat mewadahi kebinekaan.

Di era globalisasi, komunikasi sudah memiliki perkembangan yang pesat. Dimana pengetahuan tentang kebinekaan dapat menyebar luas sehingga orang menciptakan pluralisme untuk keberagaman atau perbedaan yang ada. Toleransi menjadi sesuatu yang harus kita junjung agar komunikasi antara bangsa dan suku tetap dalam keadaan yang baik-baik saja.

Kita selaku warga Negara Indonesia harus menjaga kebinekaan kita, salah satunya dengan menjaga komunikasi dengan bahasa yang ada di Indonesia. Kita diharapkan mampu menghilangkan bahasa asing yang sekiranya akan meruntuhkan kebinekaan secara halus tanpa kita sadari. Mari kita pelajari dan pahami bahasa kita sendiri. Jangan hilangkan keberagaman yang sudah ada.

Komunikasi melalui bahasa pada akhirnya memang mewadahi kebinekaan negara kita. Walaupun pada faktanya banyak miskomunikasi yang terjadi karena perbedaan tersebut. Tapi Justru itulah yang menjadi ciri khas bahwa kita memiliki bineka atau keberagaman yang luar biasa. 

Penulis, Aktivis Mahasiswa Forum Penulis se-KPI

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio