x
BREAKING NEWS

Selasa, 03 Januari 2017

Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif

Resensi oleh: Megandiri Al-Fiqri

DATA BUKU:
  
Judul Buku : Handbook of Public Relations: PengantarKomprehensif   
NamaPenulis : Dr. ElvinaroArdianto,M.Si   
Penerbit : SimbiosaRekatama Media   
TahunTerbit : 2011   
ISBN : 978-979-3782-78-2   
Tebal : 374 Halaman  

Saat ini, sudah memasuki era image war (perangcitra), di mana masalah pencitraan menjadi asset sebuah lembaga, perusahaan, dan organisasi untuk membangun citra positifnya agar mendapat dukungan dan simpati dari publik. Eksistensi sebuah lembaga, perusahaan, organisasi nirlaba memerlukan dukungan dan simpati public mereka. Hal ini menjadikan kegiatan PR sebagai suatu keharusan. kegiatan PR dilakukan tidak secara asal-asalan, tetapi harus berdasarkan konsep yang  jelas didukung fakta yang ada.

Dua dekade kebelakang, Istilah Public Relations (PR) atau humas (hubungan masyarakat) merupakan sesuatu yang belum begitu familiar atau masih asing ditelinga masyarakat. Padahal, perkembangan PR Indonesia demikian pesat sehingga bermunculan PR di pemerintahan, perusahaan swasta, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), organisasi nirlaba atau lembaga swadaya masyarakat. Pada era tahun 1980-an, lahir pula perusahaan konsultan PR, yang kiprahnya sebagian besar di Ibukota Jakarta.

PR adalah sebuah ilmu dalam rumpun ilmu sosial, dan menjadi bagian dari Induknya IlmuKomunikasi. Selain ilmu, PR pun menjadi sebuah profesi di bidang komunikasi, yakni profesi sebagai Public Relations Officer (PRO/ pejabat humas) di lembaga atau perusahaan.

Buku ini menjelaskan semua hal yang "wajib" dan perlu diketahui oleh insan Public Relations (PR). Semua yang diuraikan disini merupakan pengetahuan dasar bagi calon dan pejabat PR, baik yang bersifat teoritis maupun praktis. Dengan mengetahui dan memahaminya, diharapkan akan lahir insan-insan PR yang professional yang dapat mengembangkan citra dan reputasi lembaga, perusahaan, dan organisasinya.

Buku Handbook of Public Relations ini terdiri dari 13 Bab. Mulai dari pengertian dan definisi PR, Evolusi dan Sejarah PR, Identitas, Citra dan Reputasi Perusahaan, PR sebagai Ilmu dan PR sebagai profesi, Hubungan Internal dan Eksternal PR, Publik-publik dalam PR, Media PR, Penulisan PR, Proses dan Aspek Manajemen PR, Spesialisasi dan Praktik PR, Metode PR, PR dan Manjaemen Krisis, sampai Penelitian PR.

Disusun berdasarkan pengalaman mengajar penulis di Jurusan Humas Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran sejak tahun 1989, dan di berbagai perguruan tinggi swasta, serta aktivitas penulis sebagai pengurus cabang dan pusat Perhumas, juga sebagai direktur konsultan PR yang penulis dirikan.

Buku ini memiliki keunggulan tersendiri, Gaya penulis dalam penulisan buku tentang "HANDBOOK OF PUBLIC RELATIONS; PENGANTAR KOMPREHENSIP" begitu baik dan rapi. Selain itu penulis juga menyisir penjelasan seputar Humas (hubungan masyarakat) secara jelas dan terperinci. Tulisan-tulisan yang disajikan, bisa menjadi lawan berfikir bagi para PR maupun pembaca  yang tentunya berkenan membaca buku ini.

Hadirnya buku ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi orang-orang agar tidak sembarangan dan seenaknya menggeluti profesi PR tanpa dibekali pengetahuan dan ilmu pengetahuan tentang PR, dimana beberapa matakuliah tidak bisa dipelajari secara otodidak dalam profesi PR.

Menurut saya Buku ini sangat cocok untuk semua kalangan mahasiswa, para akademisi, Dosen, terutama praktisi Public Relations, baik di lembaga pemerintahan, swasta, maupun organisasi profit dan nonprofit. Meskipun telah banyak buku-buku yang membahas tentang Public Relations, Tetapi buku itu kebanyakan ditulis oleh pakar-pakar PR diluar negeri, sehingga kurang begitu sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia.

Dalam buku ini, setiap topic umum, maupun khusus diulas secara mendetail. Akan tetapi sayangnya, karena penjelasannya cukup luas, tentu diperlukan waktu tidak sebentar untuk menyelesaikan bacaan ini. Saran saya setelah membaca buku ini anda diharapkan dapat mempelajari atau mempraktekan langsung teknik PR yang dibahas dalam buku ini.

Karya berjudul HANDBOOK OF PUBLIC RELATIONS PENGANTAR KOMPREHENSIF yang diterbitkan Penerbit Simbiosa ini patut untuk dibaca dan dimiliki oleh setiap pelajar maupun umum. Buku ini tak begitu menarik tapi serat makna yang terkandung dalam buku ini begitu banyak dan baik. "If I was down to the last dollar of my marketing budget I'd spend it on PR!"  (Bill Gates).



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio