x
BREAKING NEWS

Rabu, 18 Januari 2017

Banjir, Siapa Yang Harus Disalahkan?



Oleh : Muhamad Umar

Penomena banjir saat ini sudah biasa terjadi dimana-dimana, apalagi terjadi seperti dikota Jakarta bahkan di kota Bandung pada waktu minggu-minggu kemarin. Banjir sudah menjadi hal yang rumrah terjadi  di kalangan masyarakat. Siapa yang mesti disalahkan, tentunya semua elmen juga enggan untuk disalahkan atas penomena banjir yang melanda setiap musim hujan tiba.

Berbicara sampah, tentunya tidak pernah habis untuk dipermasalahkan, lantaran penyebab banjir itu sendiri diawali dari banyaknya sampah yang di buang sembarangan. Keluhan masyarakat terhadap banjir tidak pernah tidak disampaikan setiap harinya kepada pemerintah ketika musim hujan. Pemerintah saat ini selalu dipojokkan atas permasalahan banjir yang dihadapi masyarakat, walaupun pemerintah dan sebagian elmen masyarakat sudah berusaha menanggulangi banjir, tetap saja masih ada masyarakat yang mempersalahkan kinerja dari pemerintah tersebut.

Pemerintah juga seharusnya tidak disalahkan terus menerus atas semuanya. Seharusnya masyarakat juga sadar dan tahu apa yang harus dilakukan disaat banjir. Sungai meluap terjadi karena banyak sampah yang menumpuk, itu terjadi juga akibat masyrakat itu sendiri yang secara tidak sadar banyak yang membuang sampah ke sungai ataupun ke jalan yang berpapasan dengan gorong-gorong maka tidak menutup kemungkinan banjirpun terjadi dengan cepat.

Mulai dari sekarang juga kita sebagai umat manusia harus senantiasa berprilaku hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya. Semua elmen pemerintah, termasuk masyarakat harus saling bekerja sama, mulai dari membuat tempat sampah, membuang ataupun mengubur sampah, supaya kelak pada saat musim penghujan tiba, tidak berefek terlalu buruk dan senantiasa serta membiasakan diri untuk tidak membuang sampah kesungai ataupun dimana saja.  

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio