x
BREAKING NEWS

Minggu, 18 Desember 2016

Perlu Kesadaran Bersama Jaga Lingkungan

 
Oleh : Ima Rahmatul K

Saat ini negeri kita silih berganti ditimpa berbagai macam bencana alam. Bukan hanya kota-kota besar yang rawan terjadi bencana, melainkan juga kota-kota kecil, bahkan hngga daerah terpencil di Tanahh Air. Pulau-pulau di Indonesia memang rawan bencanayang disebabkan alam maupun akibat ulah manusia.

Korban bencana bisa kita minimalkan  dengan menggunakan mitigasi bencana, yaitu upaya untuk mengurangi resiko bencana seperti telah ditetapkn pasal 1 ayat 6 PP No 21/2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Dalam penyelengaraan mitigasi bencana, khususnya bencana yang disebabkan faktor alam, informasi dan sosialsasi mengenai bencana serta bagaimana menanggulanginya sangat penting disampaikan kepada masyarakat umum. Terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Memberikan pemahaman kepada masyarakat umum akan lebih memudahkan masyarakat untuk siap siaga jika bencana itu tiba-tiba datang. Hal tersebut dilakukan guna meminimalkan jumlah korban.

Negeri kita  mengalami bencana alam yang juga disebabkan ulah manusia. Seperti banjir dan tanah longsor. Hal itu terjadi akibat kurangnya kesadaran individu terhadap lingkungan. Hal yang kita abaikan itu berakibat besar terhadap lingkungan sekitar. Ketidakpedulian kita akan menjadi bom waktu yang akan meledak. Di kemudian hari muncul bencana yang tidak terduga. Karena itu, mulai sekarang kita harus peduli terhadap lingkungan.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung
Catatan : Tulisan ini pernah dimuat di Media Indonesia Jum'at, 16 Desember 2016

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio