x
BREAKING NEWS

Minggu, 18 Desember 2016

Kebhinekaan Sebagai Kekuatan Indonesia


Oleh : Ima Rahmatul K

Keberagaman adalah suatu ketentuan mutlak yang diciptakan Tuhan, dimanapun kaki berpijak pasti akan menemukan kebergaman dan perbedaan. Tanah Indonesia, suatu bukti nyata dimana keberagaman adalah anugrah luar biasa yang diciptakan Tuhan. Ras, suku, budaya, tradisi dan agama menjadkan Indonesia kaya dan beragam selain itu, kekayaan alam yang melimpah semakin membuat Indonesia kaya akan budaya dan tradisi.

Keindahan negeri Indonesia lahir dari keragaman dan perbedaan suku bangsa mulai dari Sumatra hingga Papua bersatu dalam Nusantara. Perbedaan tersebut bukan untuk menjadikan kita beda dan bersekat namun perbedaan tersebut untuk menjadikan kita kaya dengan toleransi sangat berperan penting terhadap keberagaman di Indonesia. Karena itu, keberagaman atau kebhinekaan adalah sebagai kekuatan dan ciri khas Indonesia namun, sangat disayangkan sebagian masyarakat Indonesia masih kurangnya kepedulian terhadap keberagaman tersebut khususnya dalam hal budaya dan tradisi.

Andai saja masyarakat Indonesia bersatu mengembangkan dan melestarikan keberagaman yang dimilikinya, mata dunia akan semakin terpukau terhadap keindahan dan keelokan negeri Indonesia. Semboyan Bhineka Tunggal Ika bukan sekedar semboyan yang dimiliki Indonesia melainkan makna semboyan tersebut harus melekat dan mendarah daging bagi setiap individu.

Sudah jelas makna semboyan bhineka tunggal ika adalah bersatu dalam perbedaan dan keragaman, kita diciptakan berbeda bukan untuk saling meyalahkan, dan saling menindas melainkan agar kita kaya, meskipun dalam setiap perbedaan selalu terjadi konflik tapi hal tersebut bukan untuk mebuat kita terpecah belah tapi untuk menjadikan kita lebih kuat.

Keragaman suku, ras, agama, budaya dan tradisi adalah nikmat yang luar biasa Tuhan berikan untuk Indonesia, karena itu menjaga dan melestarikannya adalah bentuk syukur yang harus dilakukan masyarakat Indonesia. Dengan begitu, dunia tidak akan memandang Indonesia dengan sebelah mata, dan kebhinekaan adalah kekuatan terbesar yang dimiliki Indonesia.  

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio