x
BREAKING NEWS

Kamis, 15 Desember 2016

Jaga Lingkungan Kita

 

Oleh: Miftakhul Fadli

Hujan. Banyak orang yang beranggapan bahwa hujan adalah sesuatu yang menghambat aktivitas mereka. Hujan juga yang menyebabkan kecelakaan karena jalan licin, dan hujan adalah penyebab terjadinya banjir. Apakah benar semua itu dikarenakan hujan ?

Hujan itu adalah air kehidupan yang di turunkan dari langit oleh Sang Pencipta, hujan akan menambah resapan air di tanah, sehingga orang yang akan membuat sumur baik itu manual ataupun bor tidak akan kesulitan mendapatkan air. Hujan akan menhasilkan udara yang sejuk dari berbagai polusi asap kendaraan dan limbah udara pabrik. Hujan juga akan menumbuhkan tanaman baru, rumput hijau di sekitar kita. Disaat cuaca panas, hujan juga bisa merubah suasana menjadi sejuk. Hewan – hewan sangat bergembira dengan datangnya hujan dan mereka bisa bernyanyi seperti kodok.

Harus diketahui bahwa dengan adanya hujan di desa atau daerah yang terdapat sungai mengalir maka akan memperbanyak ikan – ikan. Hujan akan meningkatkan jumlah irigasi, sehingga para petani tidak akan kesulitan memperoleh air untuk mengaliri sawah, ladang dan perkebunannya. Hujan adalah sumber kehidupan yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia dan semua ciptaanNya.

Banjir adalah bencana alam yang sekarang ini sedang trend terjadi di Indonesia. Banyak dari mereka yang menyalahkan adanya banjir adalah karena curah hujan yang berlebihan. Sebenarnya yang menyebabkan banjir bukanlah hujan, melainkan adalah ulah manusia yang merubah resapan air menjadi beton – beton yang membuat air susah unutuk menyerap kedalam tanah. Penebangan hutan besar – besaran sehingga resapan air tidak terkendali dan menyebabkan tanah longsor. Pembuangan sampah sembarangan yang menyebabkan irigasi mampet juga merupakan sebab banjir.

Kita sebagai manusia yang cinta dengan lingkungan kita, mulailah merawatnya dengan membuang sampah pada tempatnya, memilah – milih penebangan pohon di hutan, menyediakan lahan untuk penyerapan air. Janganlah bertindak setelah terjadi bencana, lebih baik bertindak untuk mencegah bencana itu terulang kembali. Bekerja sama untuk kenyaman kita bersama.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Catatan: Tulisan ini pernah dimuat di Forum Media Indonesia, Senin 21 November 2016

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio