x
BREAKING NEWS

Minggu, 18 Desember 2016

Cegah Banjir Perlu Kerjasama Masyarakat


Oleh : Fitrah Magdalena

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di setiap negara khususnya di negara yang beriklim tropis. Banjir bisa terjadi karena curah hujan yang tinggi, saluran  air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah, maraknya pembangunan pemukiman di bantaran sugai atau aliran air atau banyaknya penebangan liar yang berakibat tidak adanya serapan air.

Belakangan ini banjir sering terjadi di beberapa titik wilayah Indonesia. Khususnya di daerah kota-kota besar bahkan yang sebelumnya tidak pernah terkena banjir sekarang ikut-ikutan banjir. Bukan hanya di kota-kota besar saja tetapi di daerah terpencil pun rawan sekali banjir. Hal ini dikarenakan adanya campur tangan manusia yang tidak disiplin dalam mengelola limbah dan kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan sekitar. Banyak masyarakat indonesia yang membuang sampah sembarangan akibatnya sampah yang dibuang itu menumpuk dan menyumbat saluran-saluran air terutama sungai. Apalagi masyarakat indonesia hobi sekali membuat sampah di bantaran sungai ditambah kondisi dinamika atmosfer  di Indonesia yang lembab dan basah sehingga mengakibatkan curah hujan yang tinggi.

Banjir yang sekarang ini sering terjadi di beberapa wilayah menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat setempat. Rumah terendam dan hanyut serta fasilitas umum rusak. Keadaan seperti ini pasti sangat meresahkan masyarakat. Terutama bagi mereka yang mendirikan rumah dibantaran sungai ataupun di daerah yang rawan sekali banjirnya. Karena apabila hujan  kembali terjadi dan tidak adanya upaya dari masyarakat bisa mengakibatkan terjadinya banjir kembali.

Padahal pemerintah setempat sudah membuat penegasan akan pentingnya menjaga lingkungan, banyak program-program yang sudah di asung untuk menanggulangi terjadinya banjir. Tapi kurangnya peran dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan bisa menghambat semuannya. Jika terus seperti ini seberapa bagus program pemerintah tetap saja tidak  akan berjalan dengan mulus. Hal ini perlu kerjasama antara pemerintah dan masyarakat agar bisa terlaksana sehingga ketika musim penghujan datang tidak terjadi banjir lagi.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio