x
BREAKING NEWS

Minggu, 18 Desember 2016

Satu Dalam Keberagaman


Oleh : Muhammad Deni Wijaya
Indonesia Negara dengan sejuta keberagaman didalamnya baik agama, suku, ras, bahasa dan kebudayaan menjadi nilai lebih untuk kita dan daya tarik di mata dunia. Bangga karena lahir dan menjadi bagian dari tanah pertiwi ini, pesona yang berbeda dari setiap tempat dan individu jadi daya tarik tersendiri. Keberagaman yang menjadikan indah namun tak bisa dipungkiri bahwa keberagaman juga bisa mengakibatkan perpecahan, dengan keberagaman itu seseorang bisa merasa paling tinggi dan merendahkan yang lain merasa paling baik dan benar lalu menyalahkan orang lain.

Keberagaman harusnya menjadi suatu hal untuk kita saling belajar saling mengenal satu sama lain dan saling menghargai. Penting sekali memahami keberagaman untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa, tanpa kesadaran dan keberagaman bisa saja terjadi perpecahan, dampak positif dari keberagaman adalah kemajuan dan perkembangan suatu bangsa sedangkan dampak negatif dari keberagaman adalah ketidakharmonisan dan kehancuran.

Banyak manfaat dari keberagaman seperti menjadi sumber pengetahuan bagi dunia, identitas bangsa di mata internasional, memupuk sikap nasionalisme juga satu hal yang tidak bisa dilupakan adalah alat pemersatu bangsa, keberagaman bukanlah sesuatu yang menghalangi kita untuk maju jangan karena adanya perbedaan lalu menjadikanya sekat untuk setiap individu, justru kita harus menjadi satu, jadikan itu sebagai jati diri bangsa.

Arti penting keberagaman masyarakat Indonesia dalam lingkungan bangsa dan Negara adalah adanya istilah bangsa majemuk dan bersifat pluralisme. Majemuk yang berarti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri atas ras, suku, agama serta adat kebudayaan yang berbeda dari asal daerah masing-masing serta bersifat pluralisme yang berarti bahwa bangsa ini adalah bangsa yang kaya dalam bidang kebudayaan sosial karena ditunjang oleh kekayaan alam seperti keindahan suatu daerah serta kekayaan budaya.  

Jangan biarkan bangsa asing menikmati masalah yang timbul dari perpecahan karena keberagaman ini, buktikan bahwa keberagamanlah yang membuat kita bersatu, membuatnya kuat, membuat kita lebih menghargai satu sama lain. Kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga dan melestarikan keberagaman demi kesatuan bangsa, menerima dan menghargai keberagaman untuk menjadi satu.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio