x
BREAKING NEWS

Selasa, 22 November 2016

Waspadai Banjir


Oleh : Dede Kartika
Akhir-akhir ini, cuaca sangat sulit untuk diprediksi. Kadang hujan kadang tidak, pagi-pagi cuaca cerah namun pada siang hingga malam hari bisa saja terjadi hujan. Hingga membuat semua orang merasa kebingungan dengan keadaan yang  terjadi karena dalam perkiraan cuaca musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober-Maret tetapi perkiraan ini tidak relevan karena pergantian cuaca yang tiba-tiba. Namun kenyataannya hujan terjadi sebelum bulan-bulan tersebut. Hujan yang terus menerus selalu mengakibatkan banjir.
   
Namun, apakah karena hujan saja banjir bisa terjadi ? Tentu tidak. Banjir bisa saja terjadi karena kesalahan manusia, yaitu karena membuang sampah sembarangan dan sampah yang di buang ke selokan dan sungai yang menimbulkan pendangkalan dan penyempitan alur serta menghambat aliran. Selain itu, banjir terjadi karena penurunan tanah akibat penyedotan air tanah secara berlebihan terutama di daerah perkotaan.

Banjir sejatinya adalah hal yang tidak pernah di inginkan siapapun. Namun apa boleh buat jika melihat cuaca sekarang ini, hujan deras bisa datang kapan saja dan tidak menutup kemungkinan terjadi banjir. Terjadinya banjir sangat berdampak banyak bagi manusia ataupun lingkungan, yaitu terjadinya kontaminasi terhadap air sehingga persediaan air bersih terbatas, pasca banjir selalu membawa berbagai jenis penyakit, jalur tranformasi yang rusak bahkan hancur menyebabkan akses menjadi sulit, dan kerugian yang dialami para petani yang gagal panen akibat lahannya dilanda banjir menyebabkan bahan makanan berkurang sehingga bahan makanan harganya jadi melonjak tinggi serta masih banyak dampak yang lainnya.

Untuk mengantisipasi banjir ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari hal yang terkecil, yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Mulailah dari sekarang jangan membuang sampah ke selokan ataupun sungai-sungai yang kerap kali menyebabkan banjir. Hal sekecil ini sudah sering di peringatkan, namun kurangnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut dan malah myepelekannya. Mereka baru akan sadar saat banjir melanda. Selalu update mengenai informasi tentang curah hujan disekitar wilayah yang ditempati baik dari TV, Radio, media sosial ataupun yang lainnya. Jangan menebang pohon sembarangan.

Selain itu, untuk mengatasi banjir yang datang tiba-tiba bawalah barang-barang yang pokok dan penting jika suatu ketika harus mengungsi. Selamatkan diri dan keluarga. Banjir yang datang tiba-tiba selalu membuat semua orang panik itulah sebabnya harus mempersiapkan diri ketika tahu ada hujan deras yang datang. Selalu sayangilah dan tetap peduli terhadap lingkungan. Manusia yang berencana namun Tuhan yang berkehendak.

Penulis Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

   


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio