x
BREAKING NEWS

Sabtu, 26 November 2016

Perbaiki Gorong-gorong Penyebab Banjir


Oleh : Citra Nurjanah 

Banjir menjadi salah satu masalah serius ketika musim hujan tiba. Bencana banjir menjadi salah satu bencana yang popular sejak awal tahun 2007 , salah satu penyebab terjadinya banjir selama ini adalah gorong-gorong yang fungsinya itu untuk membawa aliran air (irigasi) melewati bawah jalan tapi  karena gorong-gorong yang terlalu kecil menyebabkan air tidak bisa mengalir dalam jumlah banyak, menjadikan air meluap ke jalan ditambah tumpukan sampah yang biasanya menumpuk menjadikan air tersumbat dan meluap.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan  sangatlah minim, banyak ditemukan masyarakat yang seenaknya membuang sampah ke gorong-gorong seperti sampah Styrofoam/plastic yang di gunakan untuk pembungkus makanan ini selalu menumpuk di gorong-gorong yang menyebabkan air meluap ke jalanan dan akhiernya menyababkan banjir.
Jika melihat pada hari ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya memperbesar gorong-gorong yang sebelumnya di anggap tidak bisa menampung air dalam jumlah banyak. Belum lama ini banjir di daerah Pagarsih (Pasteur) membuat semua orang kaget, karena ketinggian air yang meluap sampai ke jalan tol dan bisa menyeret satu unit mobil, setelah di telusuri ternyata saluran pembuangan air / gorong-gorong di daerah pagarsih yang di dapati banyak rumah yang pembangunannya melanggar regulasi karena mempersempit jalan air sampai 50% , yang ujungnya air tidak tertampung dan ketika hujan turun menyebabkan banjir.

Pada tahun ini pemerintah Bandung memperlebar dan memperbaiki gorong-gorong berbarengan dengan perbaikan trotoar untuk mengurangi banjir di seluruh wilayah kota Bandung. Tahun 2016 saja ada 19 ruas jalan yang diperbaiki gorong-gorongnya, dan akan dilakukan di tahun berikutnya karena keterbatasan APBD.

Dengan demikian kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan harus lebih di tingkatakan, serta mematuhi peraturan yang telah di buat oleh pemerintah, gorong-gorong menjadi salah satu poin penting ketika banjir, karena jika hujan melanda maka gorong-gorong lah yang akan menampung aliran air.

Penulis, mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio