x
BREAKING NEWS

Rabu, 16 November 2016

Lanjutkan Semangat Nasionalisme Pahlawan



Oleh : Anih Ai Aisyah

Jasa para para pahlawan bagi bangsa kita sangatlah besar. Mereka telah berjuang dengan sepenuh hati  jiwa serta raganya untuk bangsa kita. Banyak di antara mereka yang gugur saat berjuang membela bangsa. Cita-cita mereka hanya satu, yakni terbebas dari belenggu para penjajah. Mereka tanpa menaruh imbalan pada siapapun. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya di setiap pengorbanannya.

Zaman yang sudah berkembang dengan gerak laju kegiatan interaksi sosial yang membuat pahlawan kita dahulu seakan hilang dan rasa nasionalisme yang tertanam mulai surut seiring waktu berlalu. Wajar jika banyak bangsa yang melupakan hasil para pahlawannya di zaman silam karana dalam dirinya tidak menanamkan rasa cinta terhadap diri para pahlawannya.

Apakah yang di sebut para pahlawan hanya untuk orang yang dapat melawan penjajah? Tentu saja tidak setiap orang yang berjasa kepada bangsa ataupun kepada orang lain bisa di sebut pahlawan. Orang tua sangatlah berjasa di mata kita karena dia yang telah melahirkan kita ke dunia ini dengan susah payah serta jerit tangisnya yang sangat luar biasa untuk kita kemudian mengenangnya.

Petani adalah salah satu pahlawan bagi kita karena mereka menyediakan kebutuan pangan untuk kita sehari-hari. Guru berjasa karena ilmunya telah mengajarkan kepintaran kepada kita lewat pengetahuan yang dia miliki. Semua orang dapat menjadi palawan bagi bangsa ini tetapi mereka mengambil dengan caranya masing-masing sesui kemampuan dan wawasan mereka.

Pentingnya sikap kepahlawanan yang harus dimiliki oleh setiap orang dan kita sebagai insan muda yang memiliki semangat tinggi. Sikap kepahlawanan harus sejak dini dipupuk dari diri masing-masing. Orang yang tidak memiliki sikap kepahlawanan akan menjadi orang penakut, pelit, dan tidak mau berkorban untuk orang lain dan hanya mementingkan sendiri.

Walaupun sikap kepahlawanan tidak mendapat penghargaan tapi harus menjadi modal utama bagi insan muda saat ini. Sikap kepahlawanan dapat kita terapkan di lingkungan masyarakat, sekolah dan yang paling utama di lingkungan kelurga yang dapat mengapresiasi kita untuk selalu menanamkan sikap kepahlawanan.

Jadi Sikap kepahlawanan ini tidak hanya akan membuat kita mempunyai sikap disiplin namun bisa menambah jiwa sosial kita dalam berbagai hal. Dari kegiatan-kegiatan yang terus mendorong kita agar menuju pada sesuatu yang lebih baik. Disana kita juga telah ikut partisipasi dalam gerak sosial yang dapat membantu keprihatinan terhadap bangsa sendiri dari arah pandang negatif.

Setiap bangsa yang memiliki jiwa sosial tentu sudah dapat di pastikan mereka mempunyai peran penting bagi negaranya. Selain kepercayaan yang di dapat oleh orang tersebut namun dirinya akan tercatat sebagai orang berguna dalam menaruh perhatian massa.

Penulis, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung






Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project