x
BREAKING NEWS

Sabtu, 26 November 2016

Bhineka Tunggal Ika Dan Semboyan Bangsa Indonesia



Oleh: Nayudin  

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai keanekaragaman kebudayaan dan adat istiadat yang bermacam-macam serta beribu-ribu kepulauan di wilayah Indonesia. Dari banyak kepulauan yang ada di wilayah Indonesia,Indonesia menjadi bangsa yang memiliki suku bangsa yang beragam mulai dari suku Jawa, suku Sunda, suku Madura, suku Betawi, suku Batak, suku Minangkabau, suku Bugis, suku Bali,dan lain – lain.

Walaupun bermacam-macam bahasa, adat istiadat, aturan, kebiasaan,kesenian dan lain-lain, hal itu bukan menjadikan perbedaan sebagai pertentangan atau bahkan kehancuran bangsa Indonesia itu sendiri. Akan tetapi justru mempersatukan bangsa Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi sifat dan dasar untuk mrngwujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Perwujudan dari Bhineka Tunggal Ika, yaitu "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua" yang di tulis di atas pita yang dicengkram oleh Burung Garuda, menjadi semboyang bangsa Indonesia.

Hal ini juga bisa di lakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara hidup saling menghormati dan menghargai antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama,  ras atau antara  golongan (SARA), yang merupakan realita yang harus didayagunakan untuk memajukan negara dan bangsa yang sejahtera dan harmonis.

Oleh karena itu marilah kita jaga semboyan Bhineka Tunggal Ika, dengan sebaik-baiknya agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tetap terjaga sebagai hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio