x
BREAKING NEWS

Selasa, 22 November 2016

Banjir Datang Karena Ulah Manusia


Oleh : Ayu Kania 

Hujan deras dan bencana banjir merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pasalnya sudah bukan menjadi hal yang tidak mungkin lagi dimana saat terjadi hujan lebat di situlah banjir akan datang. Namun tidak dapat dipungkiri banjir yang terjadi akhir-akhir ini bukan saja banjir yang hanya terjadi secara alami akibat hujan deras tetapi juga banjir yang terjadi akibat proses non alamiah yaitu oleh ulah manusia.

Sepatutnya kita sebagai masyarakat yang sudah paham dan mengerti betul perihal bencana banjir tersebut apa salahnya untuk waspada dengan cara membenah sedikit demi sedikit , dimulai dengan membenah diri sendiri dengan cara berintropeksi dan mengubah pola hidup yang pada awalnya sering membuang sampah di aliran sungai ,mulai beralih membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

Hal tersebut memang merupakan hal kecil tetapi dapat berdampak besar. Bayangkan saja jika masyarakat terus-menerus membuang sampah sembarangan tentunya sampah akan terus menyumbat dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung dan semakin lama semakin menguap, setelah itu tinggi dan keluar hingga mengenai daratan yang menyebabkan terhambatnya akses jalan, serta lebih parahnya lagi dapat menenggelamkan rumah warga yang bertempat tinggal di daerah aliran sungai tersebut.

Maka dari itu, sebenarnya hal yang paling patut di waspadai dari fenomena bencana ini ialah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Karena banjir sejatinya
secara alamiah bertujuan untuk menciptakan dataran yang subur untuk kepentingan manusia yang telah mutlak terjadi karena kekuasaan Allah SWT, hanya saja fenomena ini menjadi hal yang amat mengganggu karena ulah manusia itu sendiri yang menyebabkan kerugian yang mereka peroleh sendiri pula.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio