x
BREAKING NEWS

Minggu, 30 Oktober 2016

Warga Bangun Masjid Al-Isti Qomah Bermodal Semangat

Masjid Al-Isti Qomah
Dakwahpos.com , Bandung – Peningkatan jumlah masyarakat yang beribadah di kawasan Panyileukan mendorong masyarakatnya untuk membangun Masjid Al-Isti Qomah, yang tepatnya berada di Jalan haji Idris RT 01 Rw 05 Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan.

Masjid yang sudah melakukan sebanyak 4x renovasi ini, mulanya hanya sebuah mushala kecil yang dikelilingi tanah-tanah kosong pada tahun 1985. Pada saat itu masyarakat yang akan melaksanakan ibadah shalat jum'at maupun shalat idul fitri hanya bisa melaksanakannya di Masjid Darus-Salam yang letaknya tidak jauh dari Masjid Al-Isti Qomah.

Seiring berjalannya waktu peningkatan jumlah masyarakat di kawasan tersebut semakin bertambah. Jama'ah yang beribadah di Masjid Darus-Salam tak sebanding dengan luas masjid tersebut. 

Dari situlah pada tahun 2006, masyarakat sekitar Masjid Al-Isti Qomah yang dihadiri oleh Lurah setempat bermusyawarah dan memutuskan bahwa pada saat itu Mushala Al-Isti Qomah berubah menjadi Masjid Al-Isti Qomah dan mulai saat itu Masjid tersebut akan mengadakan shalat jum'at dan Shalat Idul Fitri. 

"Kita buat surat resmi juga untuk dibagiin ke masjid-masjid deket sini untuk kasih tau bahwa masjid ini sekarang akan dilaksanakan shalat jumat dan shalat idul fitri, "ucap DKM masjid Al-Isti Qomah, Iskandar Dahlan, Senin (24/10/2016).

Sejak saat itu pembangunan pun giat dilakukan oleh warga setempat dengan didanai dari pemda, warga setempat, dan donatur yang sukarela.

"Untuk yang ke pemda sama donatur kita ngasihin proposal. Donatur itu kayak missal kita punya temen di luar kota nah kita bukan minta tapi kita ngasihin proposal aja siapa tau mau menyumbang entah tenaga, pikiran maupun uang. Jadi kita bukan kayak yang pakai mobil minta-minta sumbangan." Ujarnya. 

Berawal dari semangat warganya untuk membesarkan masjid tersebut. Sampai saat ini Masjid Al-Isti Qomah pun sudah menjadi masjid jami yang aktif dalam melaksanakan kegiatan apapun terkait keagamaan.

Reporter:  Ayu Kania Kpi 3/A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio