Perluas Kapasitas, DKM Al-Amanah Renovasi Masjid

Kegiatan Renovasi masjid Al-Amanah Cipadung

Dakwahpos.com, Bandung – Pengurus Masjid Al-Amanah Cipadung memiliki agenda besar, merenovasi Masjid Al-Amanah. Berdasarkan hasil musyawarah DKM, pengurus, dan masyarakat Cipadung, Awal Agustus 2016, mereka sepakat akan membangun Masjid Al-Amanah menjadi dua lantai.

Bambang Syamsul Arifin, Ketua DKM Al-Amanah yang juga dosen Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengungkapkan bahwa pembangunan Masjid Al-Amanah perlu dilakukan agar dapat menampung jumlah jamaah yang kian bertambah banyak. Hal ini ungkapnya terjadi karena berkembangpesatnya Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islamy.

Masjid Al-Amanah Cipadung mulai dibangun tanggal 7 Agustus 2016. Diperkirakan pembangunan akan selesai kurang lebih 3 bulan, atau terprediksi tanggal 20 Oktober 2016.

“ Selama ini jamaah yang sholat di Masjid Al-Amanah sampai keluar gedung utama. Insha Allah  bila kita semua bersama, bisa terwujud pembangunan yang kedua kalinya Masjid Al-Amanah dengan kapasitas 500 orang jamaah yang sebelumya hanya 300 jamaah.” Ujar ketua DKM Al-Amanah ketika di wawancarai Dakwahpos.com, Minggu. (24/09/2016).

Penasehat Masjid Al-Amanah, Dadan Kuswana menyatakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan Masjid Al-Amanah Cipadung ini membutuhkan  253 juta. Untuk mendapatkan dana sebesar ungkapkan tidak sulit bila semua warga memiliki kesamaan niat ingin membesarkan masjid Al-Amanah.

Bambang selanjutnya mengungkapkan bahwa biaya berasal dari donasi masyarakat. Ada warga yang memberikan cash, mencapai 50 juta rupiah. Ada pula yang menyerahkan berupa mentahan seperti semen 150 sak, kusen-kusen, juga pasir satu trek tiga colt. Dan ada yang berupa tenaga kerja. Bahkan ibu ibu pengajian majlis ta’lim menyumbangkan konsumsi setiap harinya untuk para pekerja. Sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati, tiap rumah bergilir memberikan konsumsi, dalam sehari Rp.150 ribu.

Diharapkan dalam waktu 3 bulan dengan dana yang terkumpula masjid Al-Amanah akan segera rampung. Kegiatan ibadah dan kegiatan ta’lim pun bisa kembali digunakan secara normal.

“Insha Allah pembangunan tahap ketiga akan dilakukan awal Agustus 2017 untuk memperluas lantai 2 yang sekarang sedang dibangun.”  pungkas Bambang.

Reporter : Laila Afifah, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023