Nenda Ruswana: Pesantren Weekend Siapkan Santri Mandiri

Kegiatan pesantren weekend di masjid Manhaj Thulab Manisi, Cibiru, Bandung

Dakwahpos.com, Bandung- Pesantren weekend merupakan salah satu kegiatan keagamaan pesantren mahasiswa mandiri yang biasa diselenggarakan di masjid Manhaj Thulab hari Sabtu dan Ahad, dengan tujuan utamanya membentuk kemandirian.

Santri siap mandiri dalam tiga hal, hal ini dijelaskan oleh Nenda Ruswana, salah satu santri sekaligus mahasiswa UIN Sunan Gung Djati Bandung, yang ikut serta dalam kegiatan pesantren
ini.

"Mandiri di sini mencakup tiga hal, yaitu mandiri spiritul, finansial, dan mental. Spiritual berdasarkan ilmu-ilmu yang dikaji, sedangkan secara finansial kita diajarkan untuk berwirausaha, kemudian secara mental ada pelatihan untuk menjadi trainer. Dengan adanya pesantren weekend, santri pun dituntut siap mandiri," ucap Nenda santri asal Indramayu ini, Kamis (27/10/2016).

Selain itu, menurut Nenda, kemandirian adalah hal terpenting, ini adalah langkah pertama untuk sukses sebelum lulus kuliah. Kemudian, para santri termotivasi dengan ilmu-ilmu yang didapatkan dan tergugah untuk lebih mandiri kedepannya. Setelah berjalannya pesantren weekend, banyak santri yang masih duduk di bangku kuliah namun ia sudah mandiri terutama secara finansial. Dengan membentuk tim, sehingga bisa saling berkarya satu sama lain.

Reporter : Mahmudah, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023